batampos.co.id – Utusan Sarumaha, terpilih sebagai Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) Kepri periode 2019-2024, melalui Musyawarah Daerah (Musda) yang di gelar di hotel De Vienna Boutique Nagoya, Sabtu (30/11/2019) malam.

Politisi Hanura itu mengatakan, hal utama yang akan dilakukan dalam kepemimpinannya nanti adalah mempersiapkan data base masyarakat Nias yang ada di Kepri.

“Kedepan kita akan memperkuat koordinasi secara kelembagaan dan bisa berkontribusi bagi pembangunan Kepri secara nyata,” kata Utusan.

Selain itu, ia juga akan membantu pengurusan administrasi masyarakat Nias agar yang sudah berdomisili di Kepri mempunyai KTP Kepri.

Dengan begitu kedepannya tidak ada lagi hambatan dalam keperluan yang dibutuhkan.

“Ada 13 ribu masyarakat Nias yang tersebar di Kepri. Dengan jumlah yang banyak itu akan dapat saling mendukung untuk mencapai kesejahteraan masyarakat Nias,” paparnya.

Utusan Sarumaha, terpilih sebagai Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) Kepri periode 2019-2024. Utusan berjanji akan membuat data base masyarakat Nias di Provinsi Kepri. Foto: Rengga/batampos.co.id

Selain itu, ia berharap dengan kepengurusan baru HIMNI akan semakin solid dan dapat memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan Kepri dan Kota Batam.

“Ke depan kita juga akan bersinergi dengan paguyuban yang lain, ormas dan pemerintah daerah untuk bersama-sama membangun Kepri lebih baik lagi,” tambahnya.

Sekjen HIMNI, Otoli Zebua, mengatakan, selain memilih ketua baru, ada beberapa agenda yang dilaksanakan hari ini.

Di antaranya mengevaluasi laporan pertanggungjawaban (Lpj) dan pemaparan program emlat tahun ke depan.

Di Kepri sendiri lanjut dia, ada empat DPC HIMNI yaitu kota Tanjungpinang, kota Batam, Karimun dab Bintan,

“Jadi sesuai ADRT kita maka peserta yang hadir itu DPC, unsur DPD dan juga unsur DPP,” ucap Otoli.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah yang hadir mewakili Plt Gubernur Kepri, mewakili wali kota Batam, Ketua DPRD kota Batam dan tokoh masyarakat.

“Ini membuktikan bahwa kehadiran HIMNI di Kepri dapat diterima oleh masyarakat Kepri secara luas. Harapan kita dengan kehadiran HIMNI Kepri dapat memberikan kontribusi yang positif bagi kota Batam dan Kepri,” tutup dia.(rng)