batampos.co.id – Antusiasme pelamar CPNS mengikuti simulasi ujian dengan CAT yang akan digelar Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Kepegawaian Negara (BKN) Batam-Kepri sangat tinggi.

Kepala UPT BKN Batam-Kepri, Delpa Nopri Kasmi, mengatakan, sejak pendaftaran dibuka Minggu (1/12/2019), kuota 800 orang peserta sudah terpenuhi.

“Kuota sudah pe­nuh, sudah full,” ucap Delpa kepada Batam Pos, Senin (2/12/2019).

Melihat antusiasme pelamar yang cukup tinggi, apakah ada penambahan kuota? Delpa mengaku, kini fokus menyelenggarakan ujian bersama pelamar yang sudah mendaftar.

“Kalau kemungkinan untuk menambah peserta, kami akan lihat kondisinya lebih dahulu. Kalaupun ada, paling Minggu ketiga Desember lagi,” katanya.

Delpa mengatakan, baik untuk simulasi maupun penyelenggaraan ujian seleksi CPNS nantinya, peralatan di UPT BKN Batam-Kepri sudah siap untuk digunakan.

Rudi, pegawai Kantor BKN mengecek komputer di ruangan UPT BKN Batam-Kepri, di Gedung Bersama Pemko Batam, Senin (2/12/2019). Foto: Cecep Mulyana/batam pos.co.id

“Alat sangat siap, standar minimal sudah ada. Cuma alatnya masih 50 saja,” ujarnya.

Kekurangan alat ini salah satu alasan tidak semua instansi dapat menggelar ujian seleksi CPNS di UPT BKN Batam-Kepri, termasuk peserta seleksi CPNS yang akan ditempatkan di lingkungan Pemko Batam.

“Arahan sampai hari ini (kemarin, red) masih untuk vertikal kalau di UPT,” ucap dia.

Sementara itu, pelamar CPNS di lingkungan Pemko Batam hampir mencapai 4 ribu peserta.

Ia mengasumsikan per hari 250 peserta yang akan mengikuti ujian, khusus peserta Pemko Batam saja butuh 16 hari, sementara waktu terbatas hanya 21 hari.

“Misalnya untuk instansi vertikal 10 hari, sisanya kan 11 hari. Kan tak cukup kalau Pemko sampai butuh 16 hari. Seperti arahan pimpinan fokusnya di UPT untuk instansi vertikal,” paparnya.

Simulasi akan digelar di Kantor UPT BKN Batam-Kepri yang berlokasi di lantai 5 Gedung Bersama Pemko Batam. Tepatnya di Jalan Raja Isa Nomor 17, Batam Kota.

Kegiatan ini digelar untuk mengenalkan aplikasi CAT kepada masyarakat, sehingga lebih siap mengikuti seleksi CPNS.

Dengan mendaftarkan diri melalui link bit.ly/catsimulasi2019.

Simulasi akan digelar dalam dua gelombang. Gelombang pertama akan digelar tanggal 4 dan 5 Desember, sedangkan gelombang kedua akan digelar tanggal 11 sampai 12 Desember.(jpg)