batampos.co.id – Asisten II Pemkab Natuna, Tasrif Amran, menutup kegiatan pendidikan dan pelatihan keterampilan bagi pencari kerja bahasa Inggris pemandu wisata (tour guide) di Balai Latihan Kerja (BLK) Disnaker, Senin (2/12/2019).

Tasrif mengatakan, 16 pencaker yang mengikuti pelatihan tour guide ini sudah diberikan pendidikan dan mewakili dari beberapa kecamatan.

Di antaranya 10 orang di Kecamatan Bunguran Timur, dua orang Bunguran Barat, satu Bunguran Utara, dua orang Bunguran Tengah, dan satu orang Pulau Tiga.

“Pencaker yang sudah mendapat pelatihan ini modal utama dalam peran pembangunan daerah menuju kemajuan dan kesejahteraan,” ujarnya.

Pesona geowisata Alif Stone Park yang berada di pesisir pantai Desa Sepempang menjadi andalan Kabupaten Natuna dalam menarik kunjungan wisatawan. Pemkab Natuna memberikan sertifikat pemandu wisata kepada 16 pencari kerja di Natuna. Foto: Naim untuk batam pos

Penguasaan bahasa asing saat ini sangat penting. Karena salah satu bahasa yang dapat dipahami para wisatawan asing yang datang ke daerah.

“Mudah-mudahan pelatihan yang diberikan kepada peserta dapat bermanfaat sebagai memandu wisata,” ujarnya.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Natuna, Hussyaini, mengatakan, pelatihan yang dilaksanakan ini bertujuan memberikan ilmu dan pengalaman kepada pemandu wisata.

Khususnya pemandu wisata berbasis bahasa Inggris agar berkompeten dalam ketenagakerjaan terutama berkontribusi untuk kemajuan daerah.

“Latihan yang dilaksanakan BLK ini juga menjadi fokus perhatian dari Kementerian Ketenagakerjaan,” paparnya.

“Kepada para pencari kerja hendaknya tidak fokus mencari lowongan pekerjaan, tetapi diharapkan mampu menciptakan lapangan pekerjaaan sendiri,” harapnya.(*)