Tak sedikit yang bilang, tahun ini kurang membuat happy. Berharap tahun depan lebih menggemberikan.

2019 identik dengan tahun politik. Tolok ukurnya adalah hajatan pemilihan presiden (pilpres) dan pemilihan legislatif (pileg). Buntutnya, semua sektor kurang bergeliat.

Tak terasa 2019 yang identik dengan tahun babi tanah segera berlalu. Ada yang cuan (beruntung), ada pula yang ciong (kurang beruntung) sehingga menganggapnya tahun sulit.

2020 tinggal sebulan lagi.

Kalau tidak salah, tahun dengan elemen tikus logam. Berdasarkan ramalan, ada empat shio yang ciong. Yakni shio tikus, shio kelinci, shio kuda, dan shio ayam.

Kalau menurut kepercayaan Tionghoa, saya shio kelinci. Artinya termasuk yang ciong. Tidak beruntung. Hehehehehehe

Lalu, apakah saya gentar? Tidak. Justru saya tak sabar menanti pergantian tahun. Saya menunggu ketidakberuntungannya di mana. Bukan untuk menyombongkan diri. Melainkan ingin introspeksi tepatnya.

Sebenarnya saya bukanlah orang yang percaya dengan ramalan. Namun, saya agak tertarik membacanya. Bagi saya ini tantangan. Bayangkan, saya diramalkan sial. Tentu harus melawan sial itu.

Terlepas dari persoalan ramalan, ada hal lain yang saya nanti tahun depan. Mulai dari umur yang terus berkurang, anak semakin besar, tanggung jawab semakin besar, masa kerja saya bertambah, dan yang paling utama menanti hasil kerja tim.

Kerja tim apa itu? Per 2020, batampos.co.id akan memiliki kantor sendiri di Mega Legenda dengan konsep smart office. Lalu, batampos.co.id melalui unit usahanya, intren.id akan mengekspansi ibu kota baru di Kaltim.

Belum lagi usaha-usaha lain yang sedang dirintis oleh tim saya akan segera start, seperti batampos.co.id cafe, batampos.co.id photography & multimedia, serta batampos.co.id traveller community. Semua akan dimulai Januari 2020. Apakah saya takut kurang beruntung? Tidak. Ini tantangan bagi saya. Juga tantangan bagi tim kami di Batam Pos dan batampos.co.id.

2020 memang tahun politik. Tapi skalanya kecil. Yaitu pemilihan kepala daerah (pilkada). Lingkup daerah, kecuali Tanjungpinang yang sudah menggelar duluan.

Masih di 2020, saya yakin akan muncul optimisme baru. Saya doakan semua stakeholders bergembira. Menatap tahun dengan dua angka kembar dengan rasa optimisme. Dunia usaha bergairah lagi. Semua sektor.

Dari hasil road show bertajuk silaturahmi yang dilakukan Batam Pos, semua pelaku usaha punya optimisme di tahun 2020. Semuanya menatap dengan penuh keyakinan bahwa kebangkitan akan terjadi.

Tanpa mengesampingkan ramalan ketidakberuntungan itu, saya pun tertular virus optimisme.

Tentunya sambil berharap, bisa mengalahkan ketidakberuntungan dengan optimisme. Hehehehehe

Ya. Semoga saja 2020 menghadirkan kebaikan dan keberuntungan bagi siapa saja. Dengan semangat optimisme, rasanya tak sabar menanti pergantian tahun. Bagaimana dengan Anda? (*)