Jumat, 29 Maret 2024

Cara Dinas Pariwisata Kota Batam Untuk Dongkrak Kunjungan Wisatawan

Berita Terkait

batampos.co.id – Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Batam terus meningkat dalam beberapa bulan terakhir.

Peningkatan itu diharapkan dapat menutup target jumlah kunjungan wisman sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Batam yang dipatok sebesar 1,9 juta kunjungan hingga tutup tahun nanti.

Hingga Oktober, jumlah kunjungan wisman ke Batam mencapai 1.590.458 kunjungan. Angka itu berkontribusi sebesar 67,72 persen terhadap total kunjungan wisman ke Kepri sebanyak 2.348.534 kunjungan.

Kepala Bidang Statistik Distribusi Badan Pusat Statistik (BPS) Kepri, Rahmad Iswanto, mengatakan, jumlah kunjungan wisman ke Batam hingga Oktober 2019 masih jauh lebih baik dari periode yang sama pada 2018.

Turis dari negera Filipina berswafoto di Welcome To Batam, Minggu (4/11). Sabtu dan Minggu turis lokal dan mancanegara banyak berwisata ke Batam. Mereka mengunjungi tempat wisata, belanja dan massage kecantikan. Foto: Dalil Harahap/batampos.co.id

”Januari ke Oktober 2018 itu wisman ke Batam sebanyak 1.498.848 kunjungan. Jadi, secara year on year meningkat 6,11 persen,” ungkapnya, Selasa (3/12/2019).

Sedangkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Batam, Ardiwinata, mengatakan, selain berbagai program yang ditawarkan pemerintah, banyaknya atraksi yang diselenggarakan di Batam mampu menjadi magnet bagi kunjungan wisman.

Termasuk, gelaran Batam Great Sale pada Oktober lalu yang diyakini mampu mendongkrak kunjungan wisman ke kota ini.

“Apalagi atraksi wisata setiap minggu juga ada. Banyak agenda wisata di Batam, sampai 114 acara lebih dalam setahun,” kata Ardi.

Disbudpar Batam, sambungnya, juga selalu merilis agenda yang diselenggarakan oleh destinasi wisata, termasuk pusat perbelanjaan yang menjadi favorit wisman yang datang ke Batam.

Sehingga, Ardi yakin target wisman sesuai RPJMDBatam bisa tercapai di penghujung tahun.(leo)

Update