batampos.co.id – Jelang perayaan Tahun Baru, Bandara Internasional Hang Nadim meningkatkan pengamanan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penyelundupan narkoba seperti tahun lalu. Direktur Badan Usaha Bandar Udara Hang Nadim, Suwarso, mengaku ada penambahan tenaga Aviation Security (Avsec) yang sudah memiliki lisensi mumpuni.

”Sebelumnya basic, setelah menjalani pelatihan beberapa dari tenaga avsec kami naik ke junior,” katanya.

Tenaga avsec dengan level lebih tinggi ini, diharapkan bisa lebih waspada dalam mengawasi gerak gerik penumpang mencurigakan. Suwarso meyakini dengan peningkatan kemampuan tenaga Avsec ini, dapat meminimalisir tindak penyelundupan narkoba. Sistem buka tutup tentunya akan digunakan, saat calon penumpang memadati pintu masuk terminal keberangkatan Hang Nadim. Selain itu juga akan membuka dua pintu masuk ke Hang Nadim, apabila keramian makin memadat.

Nantinya di setiap satu pintu dijaga sebanyak 12 orang petugas, mulai dari pintu masuk, depan walkthrough, pengamatan X-Ray hingga pemeriksaan manual. Pemeriksaan manual akan dijaga sepasang orang petugas.

”Petugas laki-laki memeriksa calon penumpang laki-laki, yang petugas perempuan memeriksa calon penumpang perempuan. Pemeriksaan ini dilakukan secara acak saja,” ucap Suwarso.

Selain itu, Suwarso mengaku akan ada petugas yang melakukan patroli di luar bandara maupun di dalam bandara.

”Peningkatan pengamanan dan pelayanan tentunya.”

Ia menambahkan, Hang Nadim juga telah menyelesaikan kalibrasi beberapa alat X-Ray yang mereka miliki.

”Kalibrasi ini menambah daya pengawasan kami. Sehingga X-Ray menjadi lebih baik,” ucapnya. (skja)