Sabtu, 20 April 2024

2020, Siswa SMP Negeri 58 Tempati Gedung Baru 

Berita Terkait

batampos.co.id – Dinas Pendidikan (Disdik) Batam sudah merampungkan pembangunan unit sekolah baru (USB) SMP Negeri 58 Batam yang berada di Kampung Bagan, Kelurahan Piayu Desember ini.

“Alhamdulillah tinggal finalisasi. Kalau fisik sudah selesai,” kata Kepala Disdik Batam, Hendri Arulan, Rabu (4/12/2019).

Ia menjelaskan bagian yang masih dalam tahap penyelesaian yaitu pemasangan instalasi listrik dan air.

Sedangkan untuk peralatan kursi, meja, dan peralatan pendukung proses belaja mengajar sudah siap dan tinggal ditata.

“Kalau air dan listrik itu kan penting. Tak mungkin mereka belajar tanpa dua hal ini. Untuk itu permohonan sudah diajukan tinggal pemasangan saja lagi,” sebutnya.

Jika tidak ada kendala, siswa yang saat ini masih menumpang di sekolah terdekat bisa menempati gedung baru awal tahun 2020 mendatang.

Ilustrasi siswa Siswa SMP. Foto: Dalil Harahap/batampos.co.id

Sekolah dibangun menggunakan anggaran tahun ini. Lanjutnya, dengan selesainya pembangunan USB SMPN 58 ini, bisa mengurangi jumlah sekolah yang masih menumpang belajar.

Meskipun masih ada sekolah lainnya yang harus dituntaskan karena belum memiliki gedung sediri.

Ia mengakui siswa sekolah tersebut sudah menumpang lebih dari satu tahun. Persoalan lahan menjadi faktor terkendalanya pembangunan sekolah baru tersebut.

Selain SMPN 58 Batam, Disdik juga membangun gedung SDN 008 Batuaji.

“Awalnya cuma satu yang mau dibangun, namun belakangan ada lahan lagi untuk SDN 008 Batuaji. Jadi kami bangun dua tahun ini,” sebutnya.

Berdasarkan data Disdik Batam hingga kini, terdapat lima SMPN yang belum memiliki gedung sendiri dan masih menumpang di sekolah lain.

Siswa bahkan harus berbagi jam belajar pagi dan siang.

“Harus dua sif karena tak ada gedungnya. Mau tidak mau harus dilakukan,” imbuhnya.(yui)

Update