batampos.co.id – Stasiun Meteorologi Ranai mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di laut Natuna Utara dan perairan Natuna.

Potensi tinggi gelombang dapat mencapai 4 meter hingga 6 meter. Prakirawan stasiun meteorologi Ranai, Asrul Saparudin, mengatakan, potensi cuaca buruk di wilayah Natuna disebabkan dampak terjadinya siklon tropis Kammuri yang mendekati wilayah laut Cina Selatan.

”Untuk tiga hari kedepannya, kami mengimbau untuk berhati-hati beraktivitas di laut karena potensi gelombang laut cukup membahayakan, selalu utamakan keselamatan,” ujarnya, Rabu (4/12/2019).

Ilustrasi

“Gelombang laut Natuna berpotensi mencapai 4 meter hingga 6 meter, dampak dari siklon tropis Kammuri di laut Cina Selatan,” imbau Asrul lagi.

Dikatakan Asrul, secara umum dari pola angin menunjukkan dominasi angin lapisan atas di wilayah Natuna dari arah utara hingga timur laut dengan kecepatan angin berkisar 15 knot hingga 25 knot terutama bagian Utara Natuna.

Namun, adanya dampak dari siklon tropis Kammuri mempengaruhi intensitas kecepatan angin dan gelombang menjadi meningkat selama tiga hari ke depan.

”Siklon Tropis Kammuri ini berada disebelah Barat Filipina dan mendekati laut Cina Selatan yang berdampak langsung di laut Natuna Utara termasuk diperairan Anambas,” jelas Asrul.(arn)