Rabu, 24 April 2024

Jelang Natal dan Tahun Baru, DLH Kota Batam lakukan Ini

Berita Terkait

batampos.co.id – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Batam menyiapkan satuan tugas (Satgas) khusus untuk mengangkut sampah saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) nanti.

Kepala Bidang Persampahan, DLH Batam, Faisal Nov-rieco, mengatakan untuk Nataru nanti petugas yang bertugas dan jadwalnya sudah disiapkan.

Untuk Natal, satgas tetap bekerja, khususnya yang beragama muslim. Sedangkan satgas yang merayakan Natal, diliburkan saat perayaan hari besar yang jatuh pada 25 Desember nanti.

“Nota dinasnya sudah kami buat. Jadi untuk menghormati yang merayakan, mere-ka memang diliburkan,” kata dia, Rabu (4/12/2019).

“Nanti pengangkutan sampah diakomodir sama yang tidak merayakan,” ujarnya lagi.

Ia menjelaskan, pelayanan berjalan seperti biasa. Pengangkutan sampah tetap akan difokuskan di jalan protokol, sampah pinggir jalan, sampah liar dan tempat pembuangan sampah (TPS) liar.

Anggota Satgas Kebersihan DLH mengangkut sampah di area Batuaji. DLH Batam menyiapkan satuan tugas (Satgas) khusus untuk mengangkut sampah saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) nanti. Foto: Dalil Harahap/batampos.co.id

Termasuk, soal pengangkutan ke perumahan serta lokasi gereja-gereja yang melaksanakan perayaan Natal serta objek wisata se-perti pusat perbelanjaan dan jalur Trans Barelang.

“Meskipun satgas tidak semua bekerja namun kami tetap memaksimalkan pengangkutan dan tidak ada keterlambatan dan keluhan dari masyarakat. Termasuk nanti TPS pasar dan pinggir jalan se-Batam,” ungkapnya.

Faisal menambahkan, tahun 2020 mendatang, sudah dilakukan pembaharuan kontrak petugas.

Sehingga, saat tahun baru diupayakan seluruh armada yang ada saat ini bisa beroperasi dengan baik.

“Karena kontraknya kan per satu tahun. Jadi kami mengutamakan sampah lancar dan tak ada masalah,” imbuhnya.

Jadwal tahun depan sama dengan saat ini, petugas fajar mulai bekerja pukul 04.30 WIB untuk membersihkan sampah di jalan-jalan.

Sedangkan satgas rutin masuk 07.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Sampah yang diangkut biasanya dari lokasi yang selesai melaksanakan perayaan Tahun Baru.

Contohnya di Dataran Engku Puteri, pantai dan lokasi yang menggelar perayaan pergantian tahun.

“Mudah-mudahan tidak ada keterlambatan, sehingga sampah tidak jadi masalah,” tutupnya.(yui)

Update