Jumat, 29 Maret 2024

Keren, Cara ATB Melawan Info Hoax

Berita Terkait

Ada kalanya keluhan pelanggan berkembang menjadi masalah tersendiri jika tidak ditangani dengan baik. Tidak merespon atau bahkan memberi respon yang tidak tepat ke pelanggan akan merusak kepercayaan dan menurunkan tingkat kepuasan pelanggan. Tentu saja hal ini akan berimbas kepada reputasi perusahaan.

Menciptakan kepuasan pelanggan, bukan perkara mudah. Butuh proses yang cukup panjang karena dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti kualitas pelayanan, produk yang ditawarkan, perbandingan harga hingga inovasi yang dilakukan oleh perusahaan. Perusahaan perlu menjalin komunikasi dan hubungan baik dengan pelanggan untuk mempertahankan reputasi sehingga siklus operasional bisnis dapat berjalan lancar.

PT Adhya Tirta Batam (ATB) merangkul pelanggan untuk membangun pelayanan berkualitas dengan melakukan transformasi komunikasi bersama pelanggan yang berkelanjutan. Salah satunya melalui program edukasi ATB Customer Contact Forum. Program ini diselenggarakan sebagai wadah komunikasi dan partisipasi pelanggan dalam upaya peningkatan kinerja pelayanan ATB.

“Saat ini lalu lintas informasi berjalan sangat cepat sehingga memberi celah untuk penyebaran berita yang tidak valid. Customer Contact Forum ini menjadi wadah untuk mendengarkan aspirasi dari pelanggan secara langsung dan berdiskusi untuk mendapatkan solusi terbaik. Pelanggan juga akan mendapatkan informasi yang akurat mengenai ATB sehingga tidak mudah terprovokasi berita hoax,” jelas Maria Jacobus, Head of Corporate Secretary ATB, Rabu (4/12) di Kantor Pelayanan Pelanggan ATB Sukajadi.

Sejak Januari hingga November 2019, ATB Customer Contact Forum telah melakukan sosialisasi edukasi dan diskusi bersama warga di 8 titik berbeda yaitu Pusat Rehabilitasi Sosial Non Panti (PRSNP) Tanjung Pandan, Tiban, Marina, Kelurahan Batu Besar, Kavling Sei Lekop, Tanjung Uncang, Batam Centre dan Batu Aji.

Program Kontak Forum ATB menyambangi ibu-ibu PKK Batu Besar. ATB memberikan informasi langsung kepada warga dari berbagai latar belakang.

Melalui ATB Customer Contact Forum, pelanggan akan mendapatkan informasi akurat seputar layanan ATB dari staf yang kompeten dibidangnya sehingga tidak terjadi kesalahpahaman informasi. Kesalahpahaman yang kerap muncul, misalnya saat terjadi kebocoran pipa akibat pihak ketiga yang mengakibatkan gangguan suplai atau kondisi suplai air yang belum maksimal di beberapa wilayah. Terkadang pelanggan belum mengerti kendala sebenarnya sehingga muncul keluhan atas pelayanan.

Dampak positif dari kegiatan contact forum salah satunya ketika ATB terpaksa harus melakukan rationing Waduk Harapan pada April lalu. Dari 15 ribu lebih pelanggan yang terdampak, keluhan yang masuk sekitar 347 pelanggan dan hanya 4 pelanggan yang tidak bisa memahami mengapa harus ada penggiliran suplai. Selebihnya sangat memahami dan bersedia dilakukan rationing setelah mendapatkan penjelasan langsung dari ATB secara lengkap mengenai kondisi air baku di Harapan.

ATB memberikan pemaparan yang lengkap mengenai kondisi suplai air termasuk upaya konservasi lingkungan untuk menjaga ketersediaan air baku di Batam. ATB bersama BP Batam dan Pemko Batam serta masyarakat secara rutin bersinergi melakukan kegiatan penanaman pohon di daerah tangkapan air. Edukasi ini diharapkan akan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menghemat air dan menjaga kelestarian lingkungan.

Selain mendapatkan informasi seputar pelayanan, pelanggan juga disuguhkan tambahan pengetahuan mengenai bahaya narkoba dan HIV-AIDS. Sosialisasi ini merupakan bagian dari implementasi program Pencegahan dan Penanggulangan HIV-AIDS (P2HIV-AIDS). ATB berkomitmen mendukung pemerintah mewujudkan target Three Zero 2030 yakni tidak ada lagi penularan infeksi baru HIV, tidak ada lagi kematian akibat AIDS dan tidak ada lagi stigma/diskriminasi pada orang dengan HIV-AIDS (ODHA).

ATB Customer Contact Forum diproyeksikan sebagai sarana bagi pelanggan untuk mendapatkan edukasi dan informasi yang utuh terkait layanan ATB. Tidak hanya bermanfaat bagi pelanggan, namun juga mampu meningkatkan kinerja layanan ATB. Partisipasi pelanggan melalui program ini akan memberikan dampak yang lebih luas dibanding kanal media informasi ATB lainnya karena lebih terprogram dan proaktif dalam menanggapi masalah-masalah pelayanan.

“Bagi masyarakat maupun komunitas warga yang ingin mendapatkan informasi terpercaya seputar ATB dan berdiskusi langsung dalam ATB Customer Contact Forum dapat menghubungi narahubung Community & Education Corporate Secretary ATB di nomor 0811-703-2645 pada jam kerja,” tutup Maria. (Dona Adriani/Corporate Secretary).

Update