batampos.co.id – Musyawarah Nasional X Partai Golkar telah menetapkan Airlangga Hartarto sebagai ketua umum periode 2019–2024. Dia juga didapuk sebagai ketua formatur yang berwenang menentukan struktur kepengurusan partai. Arilangga pun berjanji merangkul semua kader partai beringin.

Pernyataan itu disampaikan Airlangga dalam penutupan munas tadi malam (5/12). Dia menegaskan, tidak ada lagi pendukung Airlangga dan pendukung Bambang Soesatyo alias Bamsoet. Yang ada adalah kader Partai Golkar.

”Saya akan menjadi ketua umum untuk seluruh kader Partai Golkar,’’ ucapnya disambut tepuk tangan para peserta munas.

Pria yang kini juga menjabat menteri koordinator bidang perekonomian itu mengucapkan terima kasih kepada Bamsoet yang telah berkontribusi menghadirkan suasana adem dalam munas. Seperti diketahui, Bamsoet akhirnya mengun-durkan diri dari pencalonan Ketum. Langkah itu diikuti para calon lain. Airlangga ak-hirnya dipilih secara aklamasi oleh semua pemilik suara.

Airlangga mengatakan, partainya berhasil menggelar munas yang sejuk dan tenang, tapi tetap demokratis. Hal itu menunjukkan kematangan dan kedewasaan Golkar.

”Bukti bahwa Golkar ingin bersatu dan meraih kejayaan di masa mendatang,” terang dia.

Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto, memberikan keterangan pers di DPP Golkar, Slipi, Jakarta, beberapa waktu lalu. Musyawarah Nasional X Partai Golkar telah menetapkan Airlangga Hartarto sebagai ketua umum periode 2019–2024.
f. HENDRA EKA/JAWA POS

Dalam menyusun kepengurusan, Airlangga akan dibantu empat orang, yaitu Ahmad Doli Kurnia, Zainudin Amali, Melki Laka Lena, dan Ilham Permana. Dia memiliki waktu sampai 60 hari dalam menyusun struktur kepengurusan. ”Tapi dalam waktu 45 hari, struktur akan selesai,” katanya.

Dalam munas, Golkar juga sudah menetapkan beberapa jabatan. Yakni, Ketua Dewan Pembina Aburizal Bakrie, Ketua Dewan Kehormatan Akbar Tandjung, Ketua Dewan Pakar Agung Laksono, dan Ketua Dewan Etik Muhammad Hatta.Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang hadir menutup munas mengatakan, kontestasi sudah berlalu, sekarang saat-nya Golkar menatap ke depan.

”Golkar merupakan aset bangsa,” terang dia. Gerak langkah Golkar akan memberikan pe-ngaruh besar terhadap bangsa.

Menurut Wapres, Golkar sudah berhasil melakukan konsolidasi dan musyawarah. Dia pun berharap partai tersebut tetap solid dan selalu menjaga stabilitas politik. Sebab, stabilitas politik akan sangat memengaruhi stabilitas ekonomi. (lum/c7/fat)