batampos.co.id – Sekolah Madrasyah Aliah Negeri (MAN) I Kota Batam, menerapkan sistem ujian berbasis komputer.

Ujian berbasis komputer itu berlaku untuk semua siswa, baik kelas 10, 11 hingga 12. Polanya guru mata pelajaran memasukan soal ujian ke dalam website sekolah dan soal-soal tersebut diakses secara acak oleh siswa peserta ujian sesuai kelas masing-masing.

“Sistemnya sama seperi UNBK. Cuma ujian semester ini soalnya dari guru mata pelajar masing-masing. Alhamdulilah sejauh ini berjalan lancar,” ujar wakiL Kepala Kurikulum MAN 1 Kota Batam, Nilawati, Jumat (6/12/2019).

Kata dia, ujian berbasis komputer merupakan terobosan baru dari pihak sekolah. Guna membiasakan siswa dengan ujian berbasis komputer sehingga bisa mengikuti UNBK dengan baik.

Ilustrasi. Foto: Cecep Mulyana/batampos.co.id

“Selain itu ini juga menghemat biaya operasional sekolah khusus untuk kertas dan cetak soal,” kata Nilawati.

Ujian berbasis komputer itupun mendapatkan dukungan penuh oleh orangtua siswa.  dengan membelikan anak-anakanya komputer jinjing.

Dalam arti laptop sebagai alat untuk melaksanakan ujian dan tes dibawa sendiri oleh siswa. Sekolah hanya menyediakan jaringan.

“Kalau yang tak punya laptop, bisa pakai HP (smartphone) tapi sejauh ini tidak ada. Semua siswa punya laptop,” kata Nilawati.

Siswa yang mengikuti ujian berbasis komputer ini total ada 842 siswa. Pelaksana ujian berbasis komputer dilakukan selama dua minggu dan sudah berjalan seminggu.(eja)