batampos.co.id РPembangunan jalan tol di Batam dipastikan akan terealisasi. Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, mengatakan, jalan tol akan dibangun setelah pihaknya bertemu Hutama Karya belum lama ini.

“Sekarang sudah masuk tahap studi dan akan terus berproses. Mudah-mudahan 2020 minimal sudah ada peletakan batu pertama,” kata Amsakar, Jumat (6/12/2019).

Ia mengatakan, jalur jalan tol yakni dari pelabuhan Batuampar ke Bandara akan melewati dua jalan protokol.

Yakni Jalan Yos Sudarso dan Jalan Jenderal Sudirman. Sementara dari Simpang Kabil ke Kawasan Industri Batamindo akan melewati jalan Ahmad Yani.

“Tak jadi yang tepi pantai, costnya tinggi dan aksesbilitasnya terbatas juga. Kalau di tengah kota, kemana-mana bisa, ke kanan ke kiri tak masalah,” imbuhnya.

Ilustrasi Jalan tol. Jawa Pos

Pilihan tidak menggunakan jalur yang sudah ada juga awalnya disuarakan Wali Kota Batam Muhammad Rudi.

Namun setelah melewati berbagai rapat mencuat bahwa akan banyak rumah warga dan fasilitas lain yang akan terdampak pembangunan dan untuk menyelesaikannya butuh waktu yang lama.

“Saat rapat timbang menimbang, kalaulah buka baru, sekian ribu rumah akan terdampak dan ini harus diurus. Kalau dipaksakan dua tahun tak selesai,” papar dia.

Karena hal ini, pihaknya ikut menyepakati pilihan tersebut. Ia tidak ingin proyek bantuan pemerintah pusat ini tidak terealisasi karena kendala teknis atas salah satu pilihan, sementara pilihan yang lain masih ada.

“Nanti tak jadi pula, kalau mau cepat di jalan yang sudah ada. Maka sepakat itu aja,” katanya.(iza)