Jumat, 29 Maret 2024

PLN Batam Pastikan Tidak Ada Pemadaman Jelang Natal dan Tahun Baru

Berita Terkait

batampos.co.id – bright PLN Batam memastikan ketersediaan listrik untuk wilayah Batam memadai jelang perayaan Natal dan Tahun Baru.

Vice President Public Relation bright PLN Batam, Samsul Bahri, mengatakan, hingga saat ini dan jelang Natal hingga Tahun Baru baru diprediksi Daya Mampu Pembangkit (DMP) memadai.

”Karena total DMP di Batam-Bintan saat ini mencapai 500 Mega Watt (MW),” ujarnya kepada Batam Pos, Minggu (8/12/2019).

Sedangkan beban puncak penggunaan untuk Batam-Bintan, mencapai sekitar angka 445-448 MW.

”Kami perkirakan di angka tersebut, karena melihat kondisi cuaca seperti sekarang yang sering hujan disertai petir dan angin kencang juga,” ucapnya.

Namun, sambung Samsul, biasanya setiap tahun beban puncak penggunaan itu trennya menurun.

Pembangkit Listrik di Tanjungkasam. bright PLN Batam memastikan tidak akan ada pemadaman listrik jelang Natal dan Tahun Baru 2020. Foto: PLN Batam

Bahkan, tahun ini PLN Batam memperkirakan hanya di kisaran 410-420 MW.

”Sehingga masih ada reserve margin daya yang cukup dan aman untuk hari-hari besar tersebut,” ucapnya.

Samsul mengungkapkan, untuk Natal dan Tahun Baru, PLN Batam menerapkan periode siaga yang dimulai dari satu minggu sebelum Natal dan satu minggu sesudah perayaan Tahun Baru.

Selama periode siaga ini, PLN Batam tidak akan melakukan pemeliharaan mesin pembangkit, terkecuali ada gangguan yang sifatnya mendadak.

Dengan demikian, Samsul meyakinkan masyarakat Batam, jika PLN tidak akan melakukan pemadaman listrik.

Ia berharap, dengan adanya periode siaga sebagai langkah antisipasi yang dilakukan oleh PLN Batam, agar masyarakat Batam dapat lebih aman dan nyaman dalam menghadapi Natal dan Tahun Baru.

Samsul juga mengimbau kepada masyarakat Batam, untuk senantiasa menggunakan listrik dengan hemat.

“Energi yang kita gunakan, merupakan energi yang tak terbarukan, untuk itu kita harus mampu berhemat dalam penggunaannya,” pungkas Samsul.(mib)

Update