batampos.co.id – Masyarakat Kota Batam meminta agar Pemko Batam segera memperbaiki drainase dan kanal-kanal air lainnya diperbaiki.

Sehingga dapat menyelesaikan permasalahan banjir yang kerap menghantui warga pada musim penghujan.

Hal itu diketahui dari hasil reses anggota DPRD Batam dari Komisi II, Asnawati Atik. Asnawati yang melakukan reses di Tanjungsengkuang, Melcem, GMP dan Batumerah itu mendapatkan keluhan mengenai banjir yang tak terselesaikan.

”Seperti misalnya di RW 9 Airraja, RW 6 Melcem, Batumerah dan GMP, mereka meminta Kanal di Melcem yang jadi sumber banjir harus diperbaiki,” ujar anggota DPRD Batam dari Partai Nasdem ini, Senin (9/12/2019).

Karena lanjutnya, warga menyatakan setiap turun hujan, air hujan sudah meluber dan membanjiri beberapa RW. Seperti RW 6, 7, 18,19 dan 9.

“Itu permintaan warga yang sangat urgent yang harus segera diwujudkan,” jelasnya.

Banjir merendam ruas Jalan Yos Sudarso di Batuampar, Rabu (23/10/2019) lalu, setelah hujan deras mengguyur Batam sejak siang. Masyarakat Melcem Batuampar berharap Pemko Batam dapat memperbaiki kondisi drainase dan kanal air di wilayah tersebut. Foto: Cecep Mulyana/batampos.co.id

Sebab, lanjutnya, sudah bertahun-tahun kanal di Melcem itu diusulkan masyarakat agar diperbaiki, tapi tak kunjung terealisasi. Hanya ada perbaikan sedikit saja serta normalisasi.

”Ini harus betul-betul diwujudkan oleh Pemko Batam terkait perbaikan Kanal Melcem agar kalau hujan turun, tak membanjiri hampir semua RW di sana,” katanya.

Ia menjelaskan, apabila Pemko Batam tidak memiliki anggaran untuk melakukan perbaikan, pihaknya akan mencoba meminta bantuan ke Pemrov Kepri.

“Kalau memang provinsi tidak bisa karena itu kanal yang membutuhkan biaya besar, kami akan coba minta bantuan ke DPR RI,” paparnya.

Menurutnya, perbaikan kanal di Melcem, menyangkut hajat hidup orang banyak dan sangat berdampak kepada masyarakat.

“Kalau sudah banjir sulit untuk mengatasinya,” kata dia lagi.(zis)