Jumat, 19 April 2024

Makan Pisang Seharga Rp 1,68 Miliar

Berita Terkait

foto: wabc tv

”Terima kasih, ini enak.” Kalimat itu meluncur dari mulut seniman David Datuna, Sabtu (7/12/2019), setelah makan pisang yang ditempelkan di tembok gedung pertunjukan Art Basel di Miami Beach, Florida, Amerika Serikat.

Orang-orang yang melihatnya lang­sung tertawa. Tapi, tidak demikian halnya de­ngan penjaga galeri. Datuna langsung di­giring ke tempat yang sepi dan diinterogasi.

Para penjaga galeri patut ngeri. Sebab, pisang yang direkatkan dengan plester di dinding itu adalah seni instalasi yang berjudul Comedian karya Maurizio Cattelan. Pisang tersebut sudah terjual kepada kolektor Prancis seharga USD 120 ribu atau Rp 1,68 miliar.

Ada tiga pisang yang diplester dan dijual Cattelan dengan harga relatif sama. Salah satunya bahkan terjual seharga USD 150 ribu atau Rp 2,1 miliar.

Datuna beruntung. Dia hanya diusir, tidak dituntut untuk membayar ganti rugi. Dalam hitungan menit, penyelenggara sudah mengganti pisang tersebut dengan yang baru.

’’Dia tidak ditahan. Tapi, kami memintanya pergi dari pameran,’’ terang Direktur Galeri Perrotin Peggy Leboeuf seperti dikutip AFP.

Galeri Perrotin-lah yang bertanggung jawab atas penjualan pisang tersebut. Belum diketahui apakah kolektor dari Prancis itu mau menerima pisang yang baru tersebut atau tidak. (*/sha/c11/oni)

Update