batampos.co.id – Keberadaan pasar kaget kembali mendapatkan sorotan dari masyarakat. Keberadaan pasar di tepi jalan raya itu dikeluhkan karena menjadi biang kemacetan.

Salah satunya di Jalan Gajah Mada atau Tiban Lama, Sekupang. Camat Sekupang, Muhammad Arman, mengatakan, keberadaan pasar tersebut memang sudah beberapa kali dikeluhkan.

“Yang sekarang akan kami tutup itu adalah dekat Tiban Kampung. Karena sudah sangat macet,” ujarnya, Snein (9/12/2019).

Pihaknya sudah memanggil pihak pengelola dan meminta agar pasar tersebut ditutup. Sehingga tidak ada lagi aktivitas jual beli di lokasi tersebut.

Ia menjelaskan, lahan yang saat ini digunakan untuk berdagang merupakan Right of Way (ROW) atau badan jalan.

Ilustrasi Pasar kaget. Foto. Dalil Harahap/batam pos.co.id

Harusnya kata dia, tidak ada aktivitas berdagang di area tersebut. Lokasi yang berada di pinggir jalan ini menyebabkan arus kemacetan, karena banyak kendaraan yang diparkir di pinggir jalan.

“Ini yang dalam tahap kami tertibkan. Dalam waktu dekat ini akan kami tutup karena sudah mengganggu ketertiban jalan,” ujar Arman.

Ia menyebutkan beberapa titik pasar ilegal yang sebelumnya sudah ditertibkan di antaranya di depan La Kopi Tiban Indah.

Beberapa waktu lalu ada juga aktivitas pasar kaget di sana. Namun sudah berhasil ditutup dan tidak ada lagi pasar kaget di sana.

“Jadi kami imbau juga kepada pedagang untuk tidak membuka atau menambah titik-titik pasar kaget ini,” pintanya.

“Karena mengganggu. Mau direlokasi juga tidak bisa karena mereka kan ilegal pasarnya ini. Jadi langkah ke depan yang mengganggu ini akan kami tertibkan,” terangnya.

Wardhana, salah seorang pengendara menuturkan, saat pasar kaget beroperasi arus lalu lintas menjadi macet. Sehingga sangat menganggu para pengendara yang melintas di ruas jalan tersebut.

Tidak haya itu menurutnya, keberadaan pasar kaget membahayakan pengguna jalan.

“Biasanya itu kan Rabu dan Sabtu itu jalan selalu macet karena keberadaan pasar tersebut. Kami inginnya jalan lancar seperti seperti yang dulu,” kata dia.(yui)