Rabu, 24 April 2024

Tiket Mudik Natal Hampir Habis

Berita Terkait

batampos.co.id – Menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) tiket pesawat maskapai Lion Air ham­pir habis terjual untuk ke beberapa rute pa­dat. Antara lain, Pekanbaru, Medan, dan Su­rabaya. Tiket tiga rute itu paling banyak dipesan warga mulai dari 20 hingga 25 Desember.

“Ada jam-jam tertentu sudah penuh, namun ada juga jam lainnya masih tersedia. Contohnya Medan itu di H-1 (Natal) pukul 13.00 WIB sudah penuh, namun pukul 15.00 WIB masih tersedia beberapa seat,” kata M Zaini Bire, Manager Area Lion Air Batam, Senin (9/12/2019).

Ia menyebutkan, kursi yang masih tersedia cukup banyak hanya untuk penerbangan pada 16 hingga 19 Desember. Saat ini masih bisa dilakukan pemesanan dan harganya relatif lebih murah dibandingkan pemesanan untuk penerbangan 20 hingga 25 Desember.

“Tanggal itu (20-25 Desember, red) sudah menggunakan tiket ambang batas atas. Contohnya untuk ke Medan itu harganya sudah Rp 1,1 juta,” sebutnya.

Untuk pemesanan tiket, lanjut Bire, bisa melalui agen-agen Lion Air maupun melalui penjualan tiket online seperti Traveloka. Ia berharap, masyarakat yang telah memesan tiket, bisa melakukan check in satu hari sebelumnya, sehingga perjalanan saat mudik Natal lebih aman dan nyaman.

“Bagusnya begitu, check in dulu. Kan bisa sehari sebelumnya, kami menyediakan fasilitas check in di Panbil Mall, Mega Mall, dan Hotel GGI,” ungkapnya.

Sebelumnya, Direktur Badan Usaha Bandar Udara Hang Nadim Batam, Suwarso mengatakan, hingga kini penjualan tiket mudik Natal, rata-rata sudah terjual di atas 70 persen di setiap maskapai. Rute yang padat tersebut, yakni Jakarta, Pekanbaru, Medan, Surabaya, Yogyakarta, dan Semarang.

“Mudik Natal ini juga bercampur dengan masyarakat yang akan merayakan Tahun Baru,” kata Suwarso, Jumat (6/12/2019) lalu.

Ia menjelaskan, kepadatan baru dimulai dari 20 Desember. Namun puncaknya diperkirakan pada 23 dan 24 Desember. Penumpang yang akan memadati Hang Nadim baik berangkat maupun datang, diperkirakan 8.000 orang per hari.

“Perkiraan hanya segitu saja,” ungkapnya.

Dibandingkan dengan mudik Lebaran, tingkat kepadatan mudik Natal tidak terlalu tinggi. Namun dibandingkan saat hari normal, perkiraan kenaikan penumpang hingga 2.000 orang per hari. (ska)

Update