Sabtu, 20 April 2024

Pak Kepala BP Batam,Warga Tagih Janji Pembangunan Jembatan di Sambau

Berita Terkait

batampos.co.id – Warga Batam Kota dan Nongsa menagih janji Badan Pengusahaan (BP) Batam terkait rencana pembangunan jalan pintas berupa jembatan yang menghubungkan wilayah Nongsa dan Batam Center di dekat SMAN 3 Batam.

Pasalnya, jalan pintas ini sangat dibutuhkan masyarakat untuk memperpendek jalur tempuh dari Batam Center ke Nongsa.

Jika melalui jalan utama, masyarakat harus mutar melalui jalan utama menuju Bandara Hang Nadim, Batam.

Namun, jika jalan pintas yang berada di dekat SMAN 3 dihubungkan dengan jembatan ke wilayah Sambau, Nongsa, maka jarak tempuh dari Batam Kota ke Nongsa bisa diperpendek.

”Kalau dari jalan besar itu bisa makan waktu sampai 30 menit karena harus memutar sesuai jalur jalan besar,” ujar Harsono, warga Kampung Teleh, Nongsa, Rabu (4/12/2019) lalu.

“Jalan pintas ini sebenarnya sudah ada, tinggal jembatan penghubung saja di sungai dekat SMAN 3,” kata dia lagi.

Ilustrasi jembatan. Foto: Dokumnetasi batampos.co.id

Menurutnya, jika sudah ada jembatan waktu tempuh Batam Centre-Nongsa dan sebaliknya hanya 10 sampai 15 menit.

Senada disampaikan Osin, warga Perumahan Grya Panorama Permai yang rumahnya dekat dengan pinggir sungai yang memisahkan lingkungan tempat tinggalnya dengan wilayah Sambau, Nongsa.

Jalan pintas yang diwacanakan BP Batam sebelumnya sangat dinantikan sebab memperpendek jarak tempuhnya jika hendak ke wilayah Sambau.

”Sebelumnya pak Lukita (mantan Kepala BP Batam) sudah janji mau bangun jembatan di sini, tapi sudah mau akhir tahun ini belum ada pergerakan apapun,” kata dia.

“Padahal, ini sangat dibutuhkan untuk mempersingkat jarak tempuh dan juga jalur alternatif jika jalan utama ada gangguan,” tuturnya lagi.

Permintaan dan harapan warga ini sangat beralasan sebab sebelumnya, BP Batam yang saat itu masih dipimpin oleh Lukita Dinarsyah Tuwo, berencana membangun jalan pintas yang menghubungkan wilayah Nongsa dan Batam Center, tahun ini.

Jalan pintas ini berupa jembatan sepanjang 50 meter, dengan bentang jalan 100 meter. Titik jembatan rencananya dibangun di daerah Sambau, Nongsa. Anggaran yang akan dikucurkan sekitar Rp 50 miliar.

Wacana pembangunan jalan pintas ini untuk meningkatkan infrastruktur di Kota Batam sehingga jarak tempuh dari Nongsa ke Batam Center ataupun sebaliknya lebih singkat.

Direktur Promosi dan Humas BP Batam, Dendi Gustinandar, mengaku pihaknya belum bisa merealisasikan jembatan tersebut, tahun ini.

Sebab, proyek peningkatan jalan saat ini masih fokus untuk jalan jalur lain yang akan rampung akhir tahun nanti.

”Pekerjaan jalan kolektor Tanjungpiayu menuju Tembesi dan pembangunan Jembatan Sambau belum dilaksanakan ditahun 2019 ini. Mungkin tahun depan,” ujarnya.(leo)

Update