batampos.co.id – Pemprov Kepri berencana membangun ulang Pulau Penyengat Tanjungpinang pada 2020. Sekitar Rp 5 miliar anggaran Pemprov Kepri, akan dialokasikan untuk pembangunan jalan.

Plt Gubernur Kepri, Isdianto mengatakan, Kepri saat ini tengah berbenah menjadi tujuan wisata. Karena itu, daerah dan aset Kepri harus segera diperbaiki. Diantaranya Pulau Penyengat yang memang menjadi daerah tujuan wisata di Kepri.

”Pulau Penyengat akan kami up, akan kami buat lebih baik,” kata Isdianto, Senin (10/12/2019) di Batam.

Menurut dia, saat ini kondisi Pulau Penyengat sudah perlu perhatian. Terutama untuk kondisi jalan, yang memang perlu pembenahan.

”Kondisi jalan akan kita benahi lagi. Anggaran yang kita siapkan Rp 5 miliar,” terang Isdianto.

Bahkan, tahun 2021, pihaknya juga telah merencanakan untuk membuat tugu wisata Pulau Penyengat. Pihaknya pun akan berbagi tugas dengan Jakarta untuk rencana tersebut.

”Penyengat butuh cagar budaya, karena itu akan dibangun tugu wisata,” jelasnya.

Selain itu, ada juga rencana pembangunan museum bersejarah di Pulau Penyengat. Museum ini akan berisi benda-benda bersejarah di Kepri, terutama dari Pulau Penyengat.

”Nah, untuk museum ini akan kita bangun dengan arsiktektur berbeda. Barang-barang bersejarah akan disimpan disana. Saat ini kami juga tengah mengumpulkan barang-barang yang layak disimpan disana,” pungkas Isdianto. (she)