Kambing, tanpa hujan kita semua tidak bisa hidup. Hujan memberikan kita air yang bisa membuat pohon-pohon tumbuh, tanaman berbuah dan rumput segar akan tersedia untuk kita. Karena hujan juga, air di waduk tidak akan kekeringan jadi manusia bisa minum, bisa mandi. Kata Kancil menasehati Kambing,” ujar Dona Adriani, salah seorang Brand Ambassador PT Adhya Tirta Batam (ATB), sembari menirukan suara dan gaya si Kancil yang cerdik.

Brand Ambassador ATB yang juga seorang penggiat dongeng ini sedang menceritakan kisah Si Kambing yang Tidak Suka Hujan dihadapan puluhan murid TK Islam Baitusallam, saat kegiatan ATB Wisata Edukasi Air di WTP Mukakuning pada akhir November lalu.

Anak-anak tampak antusias menyimak cerita yang disampaikan. Terlebih, di sela-sela mendongeng, ada kuis berhadiah menarik bagi anak-anak yang bisa menjawab dengan benar.

“Kisah Si Kambing yang Tidak Suka Hujan membawa misi edukasi betapa pentingnya hujan bagi ketersediaan air di Batam,” jelas Dona.

Brand Ambasador ATB mendongeng di depan puluhan pelajar TK. Foto: ATB untuk batampos.co.id

Terlebih kata dia, saat ini sudah memasuki musim penghujan dan anak-anak diajarkan untuk tidak mengeluh saat hujan turun.

“Namun sebaliknya, harus mensyukuri nikmat hujan yang diberikan Tuhan karena banyak manfaatnya bagi kehidupan,” kata Dona lagi.

Program ATB Bercerita yang diluncurkan bersamaan dengan peringatan Hari Anak Nasional pada tanggal 23 Juli 2019, merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) ATB Peduli Pendidikan.

Mendongeng menjadi bagian dari serangkaian kegiatan edukasi ATB School Champaign dan ATB Wisata Edukasi Air.

Dongeng pertama yang diperkenalkan kepada publik berjudul Perjalanan Blu Blu Bersama Kapten Hay.

Dongeng tersebut dibawakan langsung oleh Direktur Keuangan ATB, Asriel Hay dalam gelaran ATB-BP Batam Festival Hijau 2019 di Atrium Kepri Mall. ATB Bercerita menjadi hiburan edukatif tersendiri bagi anak-anak usia dini.

Direktur Keuangan ATB Asriel Hay mendongeng di depan ratusan anak-anak di acara Festival Hijau ATB. Foto: ATB utnuk batampos.co.id

“Dongeng menjadi salah satu media edukasi yang digunakan ATB untuk sosialisasi mengenai hemat air, menjaga kesehatan dan lain sebagainya,” jelas Maria Jacobus, Head of Corporate Secretary ATB, saat ditemui di Kantor Pelayanan Pelanggan Sukajadi pada Selasa (10/12/2019).

“Khususnya untuk anak-anak usia dini. Edukasi disampaikan dengan cara yang mudah dipahami dan pastinya menyenangkan. ATB Bercerita memiliki banyak pesan moral kepada anak sebagai bekal mereka dalam kehidupan,” paparnya lagi.

Momen mendongeng lanjutnya, nyaris dilupakan karena adanya perkembangan teknologi. Terkadang orangtua cenderung lebih suka memberikan gadget kepada anak-anak.

ATB menghidupkan kembali media konservatif ini untuk menstimulus generasi muda di tengah terpaan teknologi yang sukar dibendung.

Menggunakan bahasa yang sederhana dan gaya penyampaian yang menarik, pesan yang disampaikan dalam dongeng dapat diterima dengan mudah oleh anak-anak.

Selain menjalankan fungsi edukatif, ATB Bercerita diharapkan dapat membantu mengembangkan daya imajinasi anak, memperkaya kosa kata, meningkatkan keterampilan bahasa, kemampuan mendengarkan serta merangsang kreatifitas.(*)