Kamis, 28 Maret 2024

Kenduri Seni Melayu Dibuka Dengan Tari Jogi

Berita Terkait

batampos.co.id – Seribu penari Jogi meramaikan pembukaan Kenduri Seni Melayu (KSM) Kota Batam, Rabu (11/12) malam. Peserta merupakan siswa SD se-Kota Batam dan sanggar Basri.

Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata, mengatakan, tari jogi merupakan tari tradisional khas melayu.

Gerak tariannya cenderung lemah gemulai yang diiringi alat musik gendang, gong atau tetawak. Tari ini sudah dimasukan ke dalam salah satu pokok pikiran Melayu Batam.

“Tari Jogi ini adalah tari pergaulan. Ini juga momentum yang tepat memperkenalkan tari jogi kepada semuanya, terutama tamu dari mancanegara,” ujar Ardi.

Pad apembukaan KSM, Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad, lanjutnya akan membacakan puisi. Juga ada tarian Pulau Putri, yang menjadi kekhasan pulau Batam.

Tari jogi menghipnotis peserta Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Nasional. Tari Jogi merupakan kesenian masyarakat melayu masa lampau yang menggambarkan tentang interaksi para muda-mudi ketika itu. Foto: Disbudpar Kota Batam untuk batampos.co.id

“Tarian Pulau Putri memang khas dari Batam. Menceritakan bagaimana Batam secara khususnya Pulau Putri,” jelas Ardi.

Disisi lain, Ardi yakin penggelaran KSM dapat meningkatkan kunjungan wisman. Hal itu juga tak lepas dari partisipasi sejumlah negara dalam KSM.

“Ada sekitar 150 orang warga negara lain yang akan jadi peserta. Hal ini membuktikan, jika KSM menarik,” terang Ardi.

Menurut Ardi, adanya kegiatan Batam Expo yang juga digelar di hari yang sama juga menjadi momentum untuk menarik wisman.

Apalagi tahun depan, KSM akan masuk dalam 100 kelender eventnya Kementrian Pariwisata.

“Insyallah, target wisman dengan adanya kegiatan ini tercapai,” pungkas Ardi.(she)

Update