Selasa, 16 April 2024

2020, Natuna-Anambas Dapat Internet Gratis

Berita Terkait

batampos.co.id – Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Republik Indonesia menyediakan sarana internet gratis di dua pulau terluar Indonesia, yakni Natuna dan Anambas.

Anggota Komisi I DPR RI, Sturman Panjaitan, mengatakan, sesuai dengan pertemuannya dengan Kominfo, tahun depan dua kawasan tersebut akan mendapatkan internet gratis.

“Dua kawasan Natuna dan Anambas akan disediakan layanan internet gratis selama satu tahun penuh,” ujarnya, dalam acara seminar Media Sosial Sebagai Salah Satu Alat Perekat Persatuan Dalam Rangka Sosialisasi Redesain USO bersama Kemenkominfo dan Bakti di Harris Hotel Batam Center, Jumat (13/12/2019).

Sturman menyebutkan, akses informasi saat ini dibutuhkan dalam segala lini. Indonesia kata dia, harus menyediakannya secara merata khususnya di daerah-daerah Terpencil, Terluar, dan Terisolir (3T).

Suasana seminar Kemenkominfo bersama Bakti dan DPR RI tentang media sosial sebagai alat perekat persatuan dalam rangka sosialisasi redesain USO di Hotel Harris Batam Centet, Jumat (13/12/2019). Foto: Chahaya Simanjuntak/batampos.co.id

“Kalau ini sudah berjalan, maka yang selama ini penyampaian informasi yang terbatas, kini bisa dinikmati secara luas dan global. Dengan begitu kita tak gampang menyebar dan termakan hoax,” jelasnya.

Sturman menyebutkan, betapa menyedihkannya penyebaran informasi yang tak jelas bisa menjadi bumerang bagi diri sendiri.

“Kalau tak pas, justru akan menjadi sarana pemecah belah bangsa dan justru akan menghancurkan negeri ini,” jelasnya.

Menurutnya sangat banyak kabar hoax yang tidak dimengerti oleh masyarakat dan disebarkan melalui media sosial masing-masing tanpa tahu itu benar atau tidak.

“Sangat menyedihkan. Kita butuh sarana penyebaran informasi yang tepat untuk merekatkan kebangsaan, menanamian nilai-nilai pancasila sebagai dasar dan sumber dari segala hukum kita,” jelasnya.

Pada acara itu dihadiri Wakil Rektor Uniba, Gita Indrawan, Politisi, Benny Horas Panjaitan, pemerhati medsos dan praktisi bisnis digital, Ammar Satria dan perwakilan Kemenkominfo, Ade Dimiyanti Sirait.

Serta lebih dari 150 tamu undangan diantaranya pengusah UMKM Batam, Komunitas IT online, Komunitas Batam Anti Hox, pengusaha properti, Youtuber dan Blogger Batam serta yang lainnya.(cha)

Update