Jumat, 29 Maret 2024

Dukungan untuk Osco Terus Mengalir

Berita Terkait

batampos.co.id – Misi visi Olfriady Letunggamu atau yang akrab disapa Osco mendapatkan respons positif, bahkan tokoh nasional juga memberikan dukungan pada Ketua Umum Alumni Jerman tersebut.

Di antaranya pengacara Elza Syarief, Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoly, dan Anggota DPR RI Dapil Jawa Timur VII, Sartono.

Elza Syarif menilai bakal calon Wakil Wali Kota Batam itu sosok yang pas untuk menjadi orang nomor dua di Kota Batam.

Sebagai kota investasi, Elsa menilai Batam harus dikelola oleh orang yang ahli dalam investasi.

”Saya tahu persis, Osco ahli dalam bidang investasi. Dengan investasi dari luar akan mensejahterakan masyarakat Batam,” paparnya.

Sedang Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly meminta agar Osco terus melakukan kegiatan-kegiatan bersama akademia dan pemerintah untuk membantu negara melakukan pembangunan yang terbaik bagi Indonesia.

Di lain pihak, anggota DPR RI Dapil Jawa Timur VII, Sartono, sangat mendukung Osco untuk maju pada Pilkada Kota Batam 2020 mendatang.

”Saya memberikan dukungan dan mengajak saudara-saudara saya dari Jawa Timur mendukung dan memenangkan Osco dalam Pilkada Kota Batam,” ujarnya.

Olfriady Letunggamu berpose dengan seekor kuda di event EPO. Osco akan membawa konsep olahraga Equestrian (kuda pacu) ke Batam. Foto: Istimewa untuk batampos.co.id

Osco sendiri memiliki resep khusus untuk menjadikan Kota Batam sebagai kota industri modern.

Dengan resep khusus yang dimilikinya, Osco yakin kegiatan ekonomi di Kota Batam bisa ditingkatkan­.

Berpatokan pada dengan resep khususnya, Osco yakin tidak hanya lapangan pekerjaan yang terbuka lebar, tapi juga akan meningkatkan pendapatan masyarakat.

Saat melakukan diskusi de-ngan para alumni Jerman, jelas Osco, kelesuan industri manu-faktur di Kota Batam, beriringan dengan rencana industri 4.0 yang sedang digalakkan Presiden Joko Widodo.

“Menurut saya, seharusnya pemerin­tah seharusnya memperhatikan industri manufaktur yang menyerap banyak tenaga kerja,” tuturnya, Kamis (12/12/2019).

Osco juga menyebut banyak investor yang sebenar­ny­a mau membangun pabrik atau berinvestasi di Indonesia.

Tapi, mereka khawatir tidak mendapatkan dukungan dari pemerintah. Tetapi Osco optimistis dirinya mampu menarik investor untuk membangun dan membawa keuntungan bagi bangsa dan negara.

“Saya katakan juga kalau terpilih (wakil wali kota, red) di Kota Batam, saya akan men-support pengusaha untuk berinvestasi di Batam,” ucapnya.

Osco (empat dari kiri) saat bertemu dengan pengurus HNSI Provinsi Kepri. Osco membagikan pengalamannya dalam mengembangkans ebuah pulau. Foto: Istimewa untuk batampos.co.id

Tapi kata dia, jangan sekali-kali mengangkangi hukum dan menyesengsarakan pekerja.

”Saya tidak kompromi soal yang begitu,” tegas Osco.

Selain itu, ia juga memiliki misi untuk membangun wila­yah pesisir di Kota Batam. Salah satu yang disampaikannya adalah mengenai arsitektural pantai yang harus digambar dengan baik sesuai filosofi kehidupan masyarakat lokal.

Hingga hilirisasi produk lokal dari nelayan di daerah pesisir.

“Kita tidak pernah bisa merubah persepsi seseorang, yang kita bisa ubah adalah cara pandang kita terhadap orang tersebut,” jelasnya.

Di bidang olahraga, Osco akan membawa konsep olahraga Equestrian (kuda pacu, red) ke Batam.

Hal itu sesuai dengan visi misinya sebagai bakal calon wakil wali kota Batam 2020. Fasilitas olahraga Equestrian ini harus bisa dihadirkan di Batam.

Olahraga tersebut, adalah salah satu sport tourism yang akan mendongkrak kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara di Kota Batam.

”Visi saya adalah terwujudnya Batam yang kuat, berdaulat, mandiri, inovatif dan berkepribadian yang berlandaskan gotong royong,” jelasnya.

Misi yang akan diusung, lanjut Osco, adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia, mengembang sistem pendidikan dan kesehatan yang modern, memajukan ku­alitas dan kuantitaas industri­ serta dunia usaha.

Olfriady Letunggamu (Osco) saat melakukan pertemuan dengan Perpat Pesisir Provinsi Kepri. Ketua Perpat Pesisir siap mendukung Osco untuk maju Pilkada Kota Batam sebagai wakil wali kota Batam. Foto: Istimewa

Ia juga menegaskan akan menjaga kesetaraan gender dan pembe­da­yaan perempuan, mengedepankan tata tuang yang terintegrasi, mendorong kemajuan seni budaya dan pariwisata. Terakhir untuk meningkatkan prestasi olahraga.

”Program saya itu pendidikan vokasi, industrialisasi kesehatan, pelatihan kewirausahaan, kepariwisataan dan seni budaya, pelatihan atlet dan terakhir adalah sport tourism,” jelasnya.

Osco menjelaskan, misinya adalah mengangkat dunia tourism. Karena tourism kata dia, adalah marketing terdepan dunia usaha.

”Jika banyak turis asing yang masuk ke sini mereka pasti akan melirik potensi yang ada di Kota Batam,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Perpat Pesisir Provinsi Kepri, Zulfizer, melihat Osco sebagai sosok yang tepat untuk menjadi orang nomor dua di Kota Batam.

Osco dinilai mampu menyele­saikan permasalahan masyarakat Kota Batam yang menetap di pesisir.

“Osco adalah sosok muda yang punya integritas dan paparannya sangat jelas serta masuk akal,” katanya.

Zulfizer juga melihat Osco memiliki kepribadian terbuk­a dan selalu mencari solusi untuk kebaikan bersama.

“Kami siap mendukung,” tegas dia.

Ketua Umum HNSI Provinsi Kepri, Awang Herman, menyambut hangat ide-ide Osco. Bahkan Ketua Ikatan Keluarga Rempang Galang (IKRAL), Suherman, dan pemilik Pulau Ranoh Island mengajak Osco untuk berkunjung ke pulaunya.­

Ide pengembangan wisata mangrove juga mendapatkan tanggapan positif dari Muslimin, sosok pemilik hutan mangrove yang cukup besar di salah satu area di Batam.

Sementara Dumat, pengusaha arang kayu bakau, sangat mendukung gagasan-gagasan Osco.

Dumat berharap jenis usaha arang dapat dipromosikan, sehingga produk arang kayu bakau dapat dikenal.

Dengan begitu dapat membuka lapangan pekerjaan yang besar untuk masyarakat Kota Batam.

Sementara itu Boy, warga Batam yang mengirimkan polling untuk Osco mengaku dirinya sangat terkesan dengan visi dan misinya.

”Saya sering membaca mengenai Osco di media Batam. Dan visi misi beliau sangat pas untuk diterapkan di Batam,” ujarnya.

Boy juga menilai dengan latar belakang seorang engineering, Osco diyakini dapat menjadikan Kota Batam lebih maju dan modern.

Dukungan terhadap Osco pun mengubah susunan polling calon kepala daerah di Harian Batam Pos.

Osco merangsek ke nomor dua dalam bursa wali kota dan melonjak di nomor satu pada bursa wakil wali kota Batam.(esa)

Update