batampos.co.id – Kapolresta Barelang, AKBP Prasetyo Rachmat Purboyo, mengatakan pihaknya akan mengerahkan dua ribu personel untuk menjaga situasi Batam tetap kondusif serta mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru.

Pengamanan ini akan difokuskan di beberapa titik, khususnya tempat ibadah.

“Memang ada perhatian khusus di beberapa titik, termasuk lokasi pariwisata. Jadi, kegiatan ini bisa dirasakan seluruh masyarakat,” ujar Prasetyo di Mapolresta Barelang, Jumat (13/12/2019).

Dia menjelaskan, selain mengerahkan personel, pihaknya turut mepersiapkan peralatan untuk mengantisipasi ancaman.

“Jadi, komitmen kami ingin memberikan rasa yang aman bagi seluruh masyarakat,” katanya.

Prasetyo juga mengimbau kepada masyarakat yang melaksanakan mudik, untuk melapor ke perangkat RT/RW setempat.

Personel mengikuti apel Operasi Ketupat Seligi 2019 di Lapangan Mapolda Kepri, Kamis (13/6) lalu. Jelang Natal dan Tahun Baru, ribuan polisi akan diterjunkan untuk menjaga situasi kondusif. Foto: Cecep Mulyana/batampos.co.id

Sehingga, rumah yang ditinggalkan mendapatkan perhatian khusus.

“Ini untuk mengantisipasi adanya kemalingan. Kami juga mengimbau kepada pemudik yang menggunakan jalur laut, untuk lebih memerhatikan keselamatan menggunakan pelampung,” katanya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, mengatakan, menjelang Natal dan Tahun Baru, ada beberapa aspek yang diperhatikan.

Di antaranya cuaca, ketersediaan bahan pokok, Pos Komando Taktis (Poskotis) di beberapa titik, serta ketersediaan bahan bakar minyak (BBM).

“Keempat hal ini perlu diperhatikan sehingga Natal dan Tahun baru ini terselenggara dengan baik,” katanya.

Ia berharap, ketersediaan bahan pokok dan BBM bisa terpenuhi. Sedangkan, untuk cuaca saat ini, ia meminta seluruh masyarakat lebih berhati-hati menggunakan transportasi laut.

“Seperti pemberitahuan Pak Kapolda, sudah terjadi beberapa kecelakaan di laut. Jadi, hal ini perlu perhatian lebih,” katanya.(opi)