batampos.co.id – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam siapkan petugas untuk mengangkut sampah saat libur Natal dan tahun baru (Nataru) nanti.

Kepala Bidang Persampahan, DLH Batam, Faisal Novrieco, mengatakan, untuk Nataru nanti petugas yang bertugas dan jadwalnya sudah disiapkan. Untuk Natal satgas tetap bekerja khususnya yang beragama Islam, sedangkan satgas yang merayakan diliburkan saat peringatan Natal.

“Nota dinasnya sudah kami buat. Jadi untuk menghormati yang merayakan mereka memang diliburkan. Nanti pengangkutan sampah diakomodir sama yang tidak merayakan,” kata dia, kemarin.

Ia menegaskan, pelayanan berjalan seperti biasa. Pengangkutan sampah di jalan protokol, sampah pinggir jalan, sampah liar, dan tempat pembuangan sampah (TPS) liar. Termasuk soal pengangkutan ke perumahan serta lokasi gereja-gereja yang melaksanakan perayaan Natal serta objek wisata seperti pusat perbelanjaan dan Barelang.

Petugas kebersihan mengangkut sampah di kawasan SP Plaza, Batuaji, Kamis (12/12) lalu. Pemko Batam menjamin pengangkutan sampah Natal dan tahun baru lancar.
Foto: batampos.co.id / Dalil Harahap

“Meskipun satgas tidak semua bekerja namun kami tetap memaksimalkan pengangkutan dan tidak ada keterlambatan dan keluhan dari masyarakat. Termasuk nanti TPS pasar dan pinggir jalan se Batam,” ungkapnya.

Faisal menambahkan untuk 2020 mendatang, sudah dilakukan pembaruan kontrak petugas. Nanti saat tahun baru diupayakan seluruh armada yang ada saat ini bisa beroperasi dengan baik.

“Karena kontraknya kan per satu tahun. Jadi kami meng-utamakan sampah lancar dan tak ada masalah,” imbuhnya.

Jadwal tahun depan sama dengan saat ini, petugas fajar mulai bekerja pukul 04.30 WIB untuk membersihkan sampah di jalan-jalan. Sedangkan satgas rutin masuk 07.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

Sampah yang diangkut biasanya dari lokasi yang selesai melaksanakan perayaan tahun baru, misalnya di Dataran Engku Puteri, pantai dan lokasi yang menggelar peraya-an tahun baru.

“Mudah-mudahan tidak ada keterlambatan, sehingga sampah tidak jadi masalah. Intinya kita tetap akan maksimal bekerja,” tutupnya. (yui)