batampos.co.id – Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Lingga, Maratushaliha, kagum dengan keterampilan dan atraksi yang disuguhkan siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Dabo Singkep. Penampilan ini diperlihatkan kepada berbagai organisasi wanita di Kabupaten Lingga dalam peringatan hari ibu.

“Saat melihat pertunjukan mereka, selain terharu juga bangga kepada siswa SLB yang mampu memberikan suguhan kepada kami,” kata Maratushaliha kepada Batam Pos, Minggu (15/12/2019) pagi.

Dalam kunjungan beberapa waktu lalu tersebut, Maratushaliha didampingi ketua Bhayangkari, ketua Jalasenastri, ketua Persit, ketua Dekranasda, ketua IBI, ketua Dharmawanita, ketua Iwapi, serta ketua Ipemi. Rombongan juga memberikan bantuan papan dan meja kursi terapi untuk sekolah tersebut.

Penyerahan bantuan kepada Sekolah Luar Biasa (SLB) Dabo Singkep, beberapa waktu lalu.
Foto: batampos.co.id / wijaya satria

Maratushaliha juga meminta Pemkab Lingga lebih memperhatikan dan mengutamakan pendidikan bagi anak-anak berkebutuhan khusus di Bunda Tanah Melayu ini.

Salah satu bentuk kepedulian tersebut, Maratushaliha mengatakan, Pemkab Lingga akan melakukan penimbunan halaman sekolah SLB itu dalam tahun anggaran 2020.

Maratushaliha yang terkesima dengan semangat dan kebolehan siswa SLB Dabo Singkep ini, juga mengajak seluruh masyarakat khususnya di Kabupaten Lingga lebih memberikan perhatian dan kasih sayang kepada anak-anak berkebutuhan khusus.

“Ke depan, anak-anak yang dididik di SLB ini juga akan mendapat tempat dan panggung pada pertunjukkan dan kegiatan lainnya,” katanya.

Sementara itu, Kepala SLB, Momon Kusmana menjelaskan, sekolah tersebut merupakan sekolah perintis yang pertama di Kabupaten Lingga. Jumlah siswa 19 dan 16 guru.
Untuk jumlah rombel terbagi 9 rombel, yaitu kelas 1 tunarungu, kelas 1 tunagrahita, kelas 2 tuna rungu, kelas 2 tuna grahita, kelas 2 autis, kelas 3 tuna grahita, kelas 3 autis, kelas 4 tuna rungu, dan kelas 6 tuna grahita.

“Informasi yang kami terima dari dinas terkait di pemerintahan Provinsi Kepri. Ke depan akan dibangun beberapa sekolah seperti ini di Daik dan Senayang,” ujar Momon. (wsa)