Sabtu, 20 April 2024

Ramai-ramai Lihat Pesawat Tempur

Berita Terkait

batampos.co.id – Pangkalan Udara Militer (Lanud) Hang Nadim Batam melaksanakan kegiatan Open Base dalam rangka pekan Dirgantara dan memperingati hari jadi Kota Batam ke-190 tahun.

Dalam Open Base itu, Lanud Hang Nadim Batam memamerkan beberapa pesawat tempur.

“Kami siapkan pesawat tempur hawk 100/200, dengan satu helikopter SAR Puma dan ada tambahan satu pesawat Hercules,” ujar Kepala Dinas Operasi Lanud Hang Nadim, Mayor Lek Wardoyo.

Ia menjelaskan, Open Base tersebut dilaksanakan hanya satu hari yakni Minggu (15/12/2019).

Kegiatan dimulai dari pukul 08.00 hingga pukul 16.00. Kata dia, siapa saja boleh datang dan melihat langsung deretan pesawat tempur milik TNI AU yang berada di Bandara Hang Nadim.

Masyarakat melihat pesawat tempur yang dipamerkan Lanud Hang Nadim Batam, Kegiatan Open Base dalam rangka pekan Dirgantara dan memperingati hari jadi Kota Batam ke-190 tahun. Foto: Cecep Mulyana/batampso.co.id

“Masyarakat kami lihat sangat antusias. Namun tadi pagi dalam kondisi hujan belum ada datang. Setelah cuaca agak bagus, ini sudah mulai banyak masyarakat yang datang ke area Hang Nadim,” tuturnya.

Ia menambahkan, selain memperingati pekan dirgantara dan hari jadi Kota Batam, Open Base ini juga ditujukan sebagai edukasi kepada masyarakat Kota Batam terkait dengan kedirgantaraan, yang mana dalam hal ini Lanud Hang Nadim baru dibuka dan diresmikan.

“Sekaligus kami juga pengenalan kepada warga Batam, bahwasanya di Batam ini sudah dibuka satu pangkalan TNI AU Hang Nadim yang berada di Batam,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu warga Batam Center, Adi, sangat antusias dengan adanya Open Base yang digelar oleh Lanud Hang Nadim Batam.

Ia membawa dua anaknya untuk melihat langsung pesawat tempur milik TNI AU tersebut.

“Baru kali ini saya bisa melihat pesawat tempur secara dekat, selama ini hanya melihatnya di udara. Dapat kabar ada pameran dirgantara, saya ajak keluarga ke sini,” ujar Adi.(gie)

Update