Suasana di Pelabuhan Jago, Senin (16/12) pagi masih terlihat sepi.

batampos.co.id – Suasana arus mudik, jelang liburan panjang Natal dan Tahun Baru di Pelabuhan Jago, Lingga, normal. Jumlah penumpang yang datang dan pergi juga masih sama seperti hari-hari biasanya tanpa ada lonjakan penumpang yang berarti.

Kepala Pos KPLP Pelabuhan Jago Abdul Djamal, jumlah penumpang saat ini tidak dalam kondisi meningkat dengan kata lain masih sama dengan kondisi hari-hari sebelumnya. Walau demikian, sejumlah petugas, baik dari kepolisian dan instansi terkait lainnya telah mengawasi kelancaran aktivitas di pelabuhan tersebut.

“Paling banyak penumpang tadi yang berangkat ke Tanjungpinang menggunakan super jet berjumlah 98 orang,” kata Abdul saat ditanyai di Pelabuhan Jagoh, Senin (16/12) pagi.

Sementara itu, kapal Lingga Permai dengan tujuan yang sama yakni Tanjungpinang penumpang juga berjumlah normal seperti hari biasanya yakni sebanyak 48 penumpang. Sedangkan Abdul memperkirakan jumlah penumpang tujuan Batam menggunakan kapal Oceanna 5 berkisar 80 orang. Dengan demikian, masih tergolong minim sehingga masih banyak kursi yang kosong di dalam kapal.

Abdul memperkirakan, lonjakan penumpang arus mudik liburan panjang pergantian tahun terjadi pada 22 – 23 Desember.

Sedangkan untuk kondisi cuaca pada kemarin, Abdul yang telah mendapatkan informasi cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Dabo Singkep me-ngatakan bahwa laut dalam kondisi aman. Walau bebera-pa waktu ke depan, Abdul tidak mengetahui kondisi selanjutnya karena cuaca yang terus berubah. (wsa)