Kamis, 25 April 2024

Ngeri, Ini Komentar Para Pengendara yang Melintas di Jalan Bukit Daeng

Berita Terkait

Gelar Apel Antisipasi Kejadian Bencana

Ganjar Tegaskan Akan jadi Oposisi

batampos.co.id – Kecelakaan tunggal sebuah mobil jenis jip yang tercemplung ke Dam Mukakuning, Selasa (17/12/2019) siang lalu, masih jadi perbincangan hangat warga pengguna jalan di Batuaji dan Sagulung.

Pasalnya, jalan di kawasan Bukit Daeng yang dilalui mobil tersebut sebelum masuk ke dam, memang dinilai rawan kecelakaan.

Kontur jalan lintas yang menghubungan wilayah Kecamatan Batuaji, Sagulung, dan Seibeduk ini memang berbentuk tanjakan dan turunan tajam dengan kontur jalan berkelok.

Lokasi ini memang rawan kecelakaan lalu lintas. Kecelakaan yang menimpa mobil jip warna hitam itu, diduga karena kontur jalan yang tak rata itu, apalagi saat kejadian jalanan sedang diguyur hujan sehingga makin licin.

”Karena sudah sering kecelakaan di sini. Faktor kemiringan jalan sangat berpengaruh,” ujar Hendro, warga Tembesi, Rabu (18/12/2019).

Kendaraan melintas di Jalan R Suprapto, tepatnya di tanjakan dan turunan Bukit Daeng, Rabu (18/12). Jalan ini dikenal rawan kecelakaan dan kejahatan jalanan. Foto: Dalil Harahap/batampos.co.id

“Jalan ini seperti miring ke arah dam, jadi kalau agak laju dari arah Tembesi, memang sangat bahaya. Perlu ada kajian ulang,” paparnya lagi.

Hendro berharap pemerintah segera mengambil tindakan untuk mengantisipasi agar kejadian serupa tidak kembali terulang.

Misalnya, memperbanyak rambu lalu lintas maupun memasang besi pembatas tepi jalan lengkap dengan tanda jalan tersebut berkelok.

Senada disampaikan Heru, salah satu Aparatur Sipil Negara (ASN) di Batuaji yang juga merasakan ketidaknyamanan dengan kontur jalan di tanjakan dan turunan bukit Daeng.

Heru mengaku, sering kewalahan saat melaju dengan mobilnya di lokasi jalan tersebut. Sebab, setelah tikungan langsung berhadapan dengan turunan yang tajam dengan struktur jalan yang tidak rata.

”Kadang mau keluar jalur kalau kita ngebut. Mobil yang tercemplung itu mungkin saja seperti yang pernah saya alami dua minggu yang lalu,” jelasnya.

Ia mengaku sempat keluar jalur dan syukurnya masih bisa mengendalikan kendaraannya.

“Memang agak miring dan menjebak jalan ini,” kata Heru.(eja)

Update