Suasana nonton film dokumenter karya Nia Dinata yang berjudul Surga Kecil di Bondowoso yang menceritakan tentang kesetaraan kaum Adam dan Hawa di Lingga, Selasa (17/12/2019).
foto. batampos.co.id / wijaya Satria

batampos.co.id – Polres Lingga menggelar nonton bersama masyarakat dan tamu unda-ngan di Gedung Nasional, Dabo Singkep, Selasa (17/12/2019) pukul 19.00 WIB. Film yang diputar adalah film dokumenter karya Nia Dinata yang berjudul Surga Kecil di Bondowoso yang menceritakan tentang kesetaraan kaum Adam dan Hawa.

“Intinya film ini sebagai salah satu barometer pengi-ngat kita semua terhadap peranan wanita yang sangat penting dan ini salah satu kegiatan untuk memperinga-ti Hari Ibu,” kata Kapolres Lingga, AKBP Joko Adi Nugroho.

Nonton bareng film dengan durasi 15 menit tersebut juga dihadiri unsur muspida Lingga yakni Danlanal Dabo Singkep yang diwakili oleh Kasatkom Lanal Dabo Singkep, Kepala Imigrasi Dabo Singkep, Kepala Lapas Dabo Singkep, PJU Polres Lingga, Plt. Camat Singkep, Personel Polres Lingga, Bhayangkari Cabang Lingga, Jalasenastri Cabang 7 Korcab IV Daerah Armada I, Persit Ranting Dabo Singkep, Ketua PKK Kecamatan Singkep, PHL Polres Lingga.

Joko menjelaskan, walau durasi film tersebut tergolong singkat namun bisa membawa penonton melihat kehidupan nyata tentang kesetaraan antara pria dan wanita dalam berkeluarga. Sehingga perempuan juga memiliki andil yang sangat penting dalam membangun bangsa.

“Film dokumenter ini mengi-sahkan seorang ustaz dari Bondowoso yang sangat progresif dan mengajarkan pada masyarakat di sekelilingnya tentang pentingnya pendidikan bagi kaum perempuan, dan juga keterlibatan laki-laki dalam kehidupan berumah tangga,” ujar Joko.

Kegiatan serupa juga dilakukan oleh Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Lingga bersama Polsek Daik. Nonton bareng dilaksa-nakan di Aula SMA Negeri 1 Lingga ini dihadiri Sekda Lingga, Asisten Pemerintahan Setda Lingga, Asisten Administrasi Umum, Kapolsek Daik, Ketua KPPAD, Para Kepala OPD, serta para Ketua dan Perwakilan berbagai organisasi wanita yang ada di Kabupaten Lingga.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Lingga, Normadiah, yang pada kesempatan ini mewakili Ketua GOW Kabupaten Lingga, menyambut baik adanya kegiatan tersebut. (wsa)