batampos.co.id –  Tujuh orang terdiri dari dua wanita dan lima anak diserang lebah di waktu dan tempat berbeda.

Dua wanita diserang kawanan lebah di Kawasan Wisata Lagoi, Bintan pada Jumat (20/12) sekitar pukul 09.30 WIB.

Sedangkan lima anak yakni Gg, 11; Az, 7; Ks, 3; Ar, 7 dan Ir, 7, diserang kawanan lebah saat bermain di atas bukit hutan Kampung Baru Madong, Kelurahan Kampung Bugis, Tanjungpinang, Kamis (19/12) sekitar pukul 17.00 WIB.

Akibat kejadian tersebut, nyawa Kasih tidak tertolong. Gg dan Az masih menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Ahmad Thabib Tanjungpinang.

Awalnya, lima anak ini bermain bersama di kawasan bukit hutan. Kemudian Az melihat sarang lebah lalu melemparnya dengan batu.

Akibatnya kawanan lebah langsung beterbangan dan menyerang kelima anak tersebut. Ar dan Ir berhasil menyelamatkan diri dari sengatan lebah. Gg yang juga berusaha menyelamatkan diri, tersengat di bagian telinga dan badan.

Az tersengat di bagian kepala dan badan. Sementara itu, Ks tersengat lebah di seluruh tubuhnya.

Melihat kejadian tersebut, warga langsung mengevakuasi tiga korban ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan.

Anggota Sabhara Polres Bintan dengan sigap menyelamatkan dua wanita yang diserang kawanan lebah saat melaju dengan sepeda motor di Kawasan Wisata Lagoi, Bintan, Jumat (20/12/2019).
Foto. Satsabhara Polres Bintan untuk Batam Pos

Kepala Bidang Penanggulangan Kebakaran Satpol PP Tanjungpinang, Nanang Heri Kuswanto melalui Danton Pemadam Kebakaran Suherman, membenarkan tiga korban anak (Gg, Az, dan Ks) tersengat lebah.

”Setelah mendapat perawatan, salah seorang korban dinyatakan meninggal dunia,” jelasnya.

Menindaklanjuti laporan tersebut, pihaknya dibantu pihak kepolisian, mengevakuasi sarang lebah tabuan yang berada di lokasi kejadian, Jumat (20/12).

”Petugas telah melakukan evakuasi sarang lebah,” ujarnya.

Sementara itu, di lokasi berbeda, dua wanita yang berjualan di Kantin Treasure Bay, Kawasan Wisata Lagoi juga diserang kawanan lebah. Keduanya berhasil diselamatkan anggota Satuan Sabhara Polres Bintan.

Kejadian bermula saat kedua wanita menaiki sepeda motor melaju dari arah Simpang Lagoi menuju ke Treasure Bay, Lagoi. Dalam perjalanan, keduanya diserang lebah hutan yang keluar dari dalam hutan. Kemudian keduanya panik dan meminta pertolongan ke pengguna jalan yang melintas di jalan.

”Kami sedang patroli saat itu,” kata Kepala Regu 1 Patroli Satuan Sabhara Polres Bintan Brigadir AP. Ambarita bersama rekannya Brigadir Jufri Edi Dafrinal.

Saat itu, mereka mendengar suara dua wanita yang berteriak meminta pertolongan karena diserang lebah. Spontan mereka mengambil racun api yang ada di mobil patroli. Kemudian mereka menyemprotkan ke kedua korban agar lebah yang menyerang kedua korban pergi.

”Racun api kami arahkan ke lebah yang terbang dan lebah yang menyerang tubuh kedua ibu itu. Kami juga diserang, namun yang penting kedua ibu itu selamat dulu,” kata-nya.

Selanjutnya kedua korban dibawa masuk ke dalam mobil patroli dan dibawa ke klinik Lagoi.

”Tadi kami tinggal masih perawatan dan pengobatan,” imbuhnya. (odi/met)