Jumat, 19 April 2024

Polresta Barelang Amankan 72 Pembalap Liar

Berita Terkait

batampos.co.id – Unit Pengurai Massa (Raimas) Direktorat Sabhara Polda Kepri bersama Satuan Sabhara Polresta Barelang mengamankan 72 pembalap liar, Minggu (22/12/2019) dini hari.

Dari kegiatan ini, polisi juga turut mengamankan 48 unit motor. Kasat Sabhara Polresta Barelang, Kompol Firdaus, mengatakan, kegiatan ini termasuk Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (KKYD).

Dimana, pihaknya menyisir jalan di sekitar Perumahan Anggrek Sari atau kawasan Simpang Kara Batam Center hingga pukul 04.00 WIB dini hari.

“Kegiatan ini untuk menjaga situasi Kamtibmas (Keamanan dan ketertiban masyarakat) yang kondusif,” jelasnya, Minggu (22/12).

Sasarannya yaitu pencurian dengan kekerasan (curas), pencurian dengan pemberatan (curat), pencurian kendaraan bermotor (curanmor), kejahatan jalanan, narkoba, senjata api (senpi), senjata tajam (sajam), premanisme dan balap liar.

Dia menjelaskan, selain mengamankan motor dan pembalap liar, pihaknya turut membubarkan penonton atau remaja yang kerap nongkrong melihat aksi tersebut.

“Rata-rata yang terlibat balap liar ini masih remaja,” paparnya.

Karena itu pihaknya memberikan pengarahan dan bimbingan agar perbuatannya tidak diulangi.

Unit Raimas Direktorat Sabhara Polda Kepri bersama Satuan Sabhara Polresta Barelang mengamankan 72 pembalap liar. Foto: Eggi Idriansyah/batampos.co.id

“Termasuk berkoordinasi dengan orang tuanya. Untuk motor, kita juga lakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan kendaraan,” kata Firdaus.

Dengan banyaknya ditemukan aksi balap liar ini, pihaknya mengimbau kepada para orang tua untuk bertindak tegas dengan tidak membiarkan anak-anak pulang larut malam.

Selain itu, diharapkan setiap orang tua tidak memberikan izin untuk mengendarai motor saat malam hari.

“Mereka (anak-anak) belum cukup umur untuk mengendarai motor, apalagi pulang larut malam,” paparnya.

“Yang kita inginkan mereka menjadi generasi penerus bangsa ini,” kata Firdaus lagi.

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas Polda Kepri, Kombes Mujiyono, menegaskan, akan membubarkan perkumpulan serta lokasi balapan liar yang ada di Batam.

Aktivitas ini tak hanya membahayakan untuk pengendaranya, bahkan turut mengancam nyawa pengguna jalan lainnya.

“Dimana saja lokasi balap liar ini, akan kita sapu bersih,” kata Mujiyono.

Dia mengatakan, untuk menindak aktivitas tersebut, sudah memerintahkan anggota khusus untuk berpatroli rutin dan mengecek lokasi yang dianggap rawan digunakan sebagai trek balapan liar.

Selain itu, ia mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk memberikan informasi jika menemukan aktivitas balap liar tersebut.

“Kalau lihat, langsung laporkan saja ke kita. Kita inginkan jalanan Batam ini aman selalu,” kata mantan Direktur Binmas Polda Kalbar tersebut.(opi)

Update