Kamis, 18 April 2024

Satlantas Polresta Barelang Inspeksi Keselamatan Kepada Supir Kendaraan Berat

Berita Terkait

36 Anak di LPKA Terima Remisi

Putin Imbau Iran Menahan Diri

Perusahaan Wajib Prioritaskan Pencaker Lokal

batampos.co.id – Satlantas Polresta Barelang bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kota Batam melakukan inspeksi keselamatan supir kendaraan alat berat dan truk di Lancang Kuning, Batuampar, Senin (23/12/2019).

Kasat Lantas Polresta Barelang, AKP Muchlis Nadjar, mengatakan, pihaknya mengecek kendaraan-kendaraan yang layak atau tidaknya untuk digunakan di jalan raya.

“Kita juga mengecek kadar alkohol para supir. Karena kita memiliki alat dari Korlanats Mabes Polri dibagikan ke kami Satlanats Polresta Barelang. Tujuannya untuk mengecek apakah supir tersebut memiliki atau menggunakan alkohol pada saat bekerja,” ujarnya.

Pihaknya juga melakukan tes urin kepada para supir truk untuk memastikan mereka bebas dari narkotika.

“Soal fisik kendaraan kita bekerjasama dengan Dishub Kota Batam,” jelasnya.

Pemeriksaan kendaraan lanjutnya meliputi kecepatan, rem, lampu sen, lampu pendek dan jauh, lampu belakang, lampu mundur, lampu sen kanan dan kiri.

Kasat Lantas Polresta Barelang, AKP Muchlis Nadjar, saat memeriksa kadar alkohol kepada salah seorang supir alat berat di kawasan Batuampar. Foto: Dalil Harahap/batampos.co.id

“Semuanya kita cek termasuk rodanya juga,” jelasnya.

Hasilnya lata dia, ada beberapa roda truk yang dinilai tidak laik pakai dan harus diganti.

“Kita juga menemukan ada turk yang lampu mundurnya tidak menyala,” paparnya.

Sementara dari hasil tes urin, tidak satu pun pengemudi truk yang terindikasi menggunakan narkotika dan mengkonsumsi alkohol saat mengemudikan kendaraannya.

“Tadi kita periksa 23 unit kendaraan,” jelasnya.

Ia menjelaskan, target inspeksi keselamatan ini adalah Pelabuhan Batam Center dengan target supir taksi. Kemudian Pelabuhan Domestik Sekupang dengan target supir taksi.

Pelabuhan Telaga Punggur target supir taksi dan supir truk yang menyeberang ke Bintan.

“Target utama dalah kendaraan barang dan penumpang, kata Muchlis.

Sebelumnya kata dia, pihaknya juga sudah melakukan inspeksi keselamatandi Pelabuhan. Selain inspeksi, pihaknya juga melakukan penyeluhuhan dan mekanisme berkendaraan baik dan benar dalam etika berkedara.(ali)

Update