Sabtu, 20 April 2024

446 Pelamar CPNS di Pemko Batam Protes, Penyebabnya….

Berita Terkait

batampos.co.id – Sebanyak 446 pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemko Batam memanfaatkan kesempatan sanggah yang telah disiapkan oleh panitia. Masa sanggah ini digelar pada 12-14 Desember lalu.

”Hasilnya akan diumumkan besok (hari ini) tanggal 26 Desember,” kata Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKP SDM), Hasnah, Rabu (25/12/2019).

Total pelamar CPNS di lingkungan Pemko Batam mencapai 4.867 orang. Setelah diverifikasi, sebanyak 1.164 pelamar tidak memenuhi syarat administrasi, sedangkan yang memenuhi syarat yakni 3.703 orang.

”Yang memenuhi syarat akan ikut SKD sesuai dengan jadwal BKN (Badan Kepegawaian Negara),” tambah dia.

Pelamar CPNS 2019 mengikuti simulasi tes CPNS menggunakan Computer Assisted Test (CAT) di kantor UPT BKN Batam, Kamis (5/12) lalu. Foto: Cecep Mulyana/batampos.co.id

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin, menyebutkan, sanggahan dilakukan oleh sistem.

Dengan sanggahan, pelamar tidak membaca syarat pendaftaran dengan sempurna dan pelamar tidak mengunggah dokumen yang disyaratkan.

”Tim verifikator melakukan verifikasi ulang sanggahan pelamar pada tanggal 16 sampai 22 Desember,” kata dia.

Di waktu terpisah, Jefridin, menyebutkan tes CPNS kelak akan dilakukan di UPT BKN Batam Kepri yang berlokasi di Gedung Bersama Pemko Batam.

Menurut dia, dengan jumlah yang lolos verifikasi administrasi, masih memungkinkan untuk menggunakan kantor Unit Pelaksana Teknis UPT BKN di Batam Center sebagai lokasi tes.

”Gedung itu dibangun untuk itu. Jujur saja, kami siapkan tempat itu supaya kami bisa laksanakan tes di sana. Kalau banyak mungkin tak bisa, ini hanya 3 ribuan, bisalah,” imbuhnya.

Sebelumnya, Kepala UPT BKN, Delpa Nopri Kasmi, menyampaikan jika UPT BKN diprioritaskan untuk instansi vertikal dengan jumlah pelamar yang jumlahnya sedikit.(iza)

Update