batampos.co.id – Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Karimun, Alex Ng atau Chun Heng berharap Pemkab Karimun jangan berharap atau bertumpu kepada investasi saja.

Namun, harus memanfaatkan dunia pariwisata sesuai program Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

”Kita lihat apa saja kebijakan pemerintah daerah di tahun 2020, melalui program pariwisata di Kabupaten Karimun ini,” katanya, Rabu (1/1/2020).

“Jangan seperti tahun lalu, dunia pariwisata merosot dengan dibuktikan tutupnya perhotelan di Karimun ini,’’ kata Chun Henglagi.

Kenapa demikian, sebab Kabupaten Karimun, objek wisatanya tidak kalah dengan daerah lain.

Namun, bagaimana mendesain objek wisata agar menarik wisatawan mancanegara.

Para pengunjung memadati Pantai Pelawan saat hari libur. Apindo Karimun meminta pengusaha tidak hanya bertumpu pada investasi, tapi juga harus bisa memanfaatkan dunia pariwisata. Foto: Tri Haryono/batampos.co.id

”Tahun ini, memang ada penerimaan karyawan di salah satu perusahaan cukup banyak. Tapi, itu belum tentu menjamin pergerakan ekonomi di Karimun tumbuh seperti lima tahun lalu,’’ ujarnya.

Sebab, lanjut Chun Heng, ketika para karyawan perusahaan tersebut libur, mereka bingung mau berlibur kemana di Karimun.

Apabila tidak memanfaatkan objek-objek wisata yang ada, seperti Pantai Pelawan, Pantai Pongkar, air terjun, Coastal Area.

”Intinya, program jangka pendek dulu lah. Apabila dimanfaatkan, objek wisata di sini dapat dipastikan bisa menggerakkan ekonomi masyarakat dengan cepat,’’ ujarnya.

Pengelola kapal penumpang luar negeri, Dorri, untuk penumpang dari Malaysia melalui Pelabuhan Kukup, Malaysia pada pagi hari yang masuk ke Karimun hanya 59 orang.

Didominasi warga Indonesia sebanyak 46 orang, sedangkan warga negara Malaysia hanya 13 orang.

”Sepilah sekarang dibandingkan tahun lalu. Tak ada penyambutan wisman oleh pemerintah daerah yang biasa dilaksanakan setiap awal tahun,’’ ucapnya.

Pantauan di pelabuhan domestik maupun internasional Tanjungbalai Karimun terlihat masih sepi. Banyak, warga yang berangkat ke luar daerah.(tri)