Selasa, 23 April 2024

Notam Dicabut, Hang Nadim Kembali Beroperasi 24 Jam

Berita Terkait

batampos.co.id –  Bandara Internasional Hang Nadim Batam kembali beroperasi 24 jam. Setelah mengeluarkan Notam (A notice to airmen) sejak 31 Desember, hanya beroperasi mulai pukul 06.00 hingga 18.00. Penyebabnya karena ada kerusakan di lampu runway.

“NOTAM bandara sudah dicabut pukul 17.57. Berarti Bandara Hang Nadim sudah beroperasi normal,” kata Direktur Bandara Interasional Hang Nadim Batam, Suwarso, Kamis (2/1/2020).

Ia mengatakan konsleting di kabel runway menyebabkan kerusakan hingga sentral lampu runway, Constan Curent Regulator (CCR). Suwarso menerangkan CCR merupakan suatu sistem yang mengatur pencahayaan lampu runway. Sistem ini mengatur dan menyeimbangkan sinar lampu runway.

“Lampu runway sendiri ada sekitar 150 buah,” ungkapnya.

Saat ditanyakan mengenai adanya kerusakan Instrument Landing System (ILS), yang dikabarkan ikut rusak? Suwarso membantah hal tersebut. Ia mengatakan kerusakan hanya di lampu runway saja.

Apron lighting, ILS semuanya aman dan dalam kondisi baik,” ucapnya.

foto: batampos.co.id / dalil harahap

Perbaikan atas kerusakan lampu runway, kata Suwarso tidak hanya melibatkan teknisi dari Hang Nadim saja. Suwarso mengaku juga melibatkan teknisi dari PLN dan Kemenhub.

Perbaikan dilakukan, kata Suwarso dilakukan per blok lampu runway. Untuk menemukan korsleting tersebut, teknisi menyisir ratusan blok tersebut.

“Jadi kami mencoba menyisir satu per satu bloknya. Satu blok itu isinya kabel dan dinamo,” ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, penerbangan dari Hang Nadim maupun menuju ke Hang Nadim terganggu. Beberapa penerbangan terpaksa divert dan dibatalkan. Akibat tidak menyalanya lampu runway.

Suwarso mengatakan pesawat yang berangkat di Hang Nadim, saat malam hari ada 5 penerbangan. Sedangkan pesawat tujuan ke Hang Nadim, ada 3 penerbangan.

Sejatinya Bandara Internasional Hang Nadim Batam mengeluarkan Notice To Airmen (Notam) hingga Minggu (5/1/2020) mendatang.

Notam dikeluarkan dari 31 Desember 2019 hingga Minggu (5/1/2020).

“Tapi apabila perbaikan lampu runway sudah selesai, maka Notamnya dicabut. Pesawat dapat kembali beroperasi hingga malam hari,” katanya, Kamis (2/1/2020).

Perbaikan selesai, Notam pun dicabut. (ska)

 

Update