William Seipattiratu

batampos.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam persilahkan bakal pasangan calon walikota dan wakil walikota Batam perseorangan untuk menginput data dukungan berupa formulir B. 1-KWK perseorangan setelah mereka mendapatkan username dan pasword sistem aplikasi pencalonan (SILON) KPU.

Data yang diinput itu nantinya akan diverifikasi secara bertahap mulai dari verifikasi administrasi hingga Eri dikasi faktual nantinya sesuai tahapan.

Ketua Divisi Teknis Penyelengaraan KPU Kota Batam William Seipattiratu mengatakan, hingga Junmat (3/1/2020) sudah terdapat dua pasangan balon wali kota yang memberikan surat mandat ke KPU Kota Batam untuk mendapatkan username dan pasword. Dua orang yang telah meminta username dan password tersebut yakni Rian Ernest dan pasangannya serta Sukarno dan pasangannya.

Username dan password ini digunakan tim bapaslon untuk input data dukungan berupa form B1-KWK perseorangan yang telah tertempel KTP elektronik,” ujar William.

Prosesnya, kata William, para paslon mengisi form B1-KWK perseorangan yang berisikan dukungan dari masyarakat terhadap pasangan calon tersebut yang disertai dengan KTP elektronik. Setelah pengisian form tersebut, paslon independen akan memindai (scan), lalu memasukkan data yang ada ke sistem informasi pencalonan.

“Penyerahan data dilakuklan hingga 19 Februari,” ucapnya.

Ia mengatakan, dari 19 Februari hingga 23 Februari akan dihitung jumlah dukungan diberikan masyarakat terhadap pasangan calon independen. “Dukungan minimal itu sebanyak 48.816 orang,” ujarnya.

Sementara itu, proses pendaftaran pasangan calon wali kota dan wakil wali kota yang diusung partai politik pendaftarannya dilakukan di bulan Juni. “Kini kami sedang mempersiapkan untuk launching Pilkada yang dilaksanakan 11 Januari mendatang,” pungkasnya. (ska)