batampos.co.id – Hingga awal 2020, Badan Pengusahaan (BP) Batam dan Pemerintahan Kota (Pemko) Batam baru merampungkan hibah aset tahap dua.

“Tanggal 8 Juli lalu, telah terbit surat persetujuan dari Menteri Keuangan (Menkeu) Nomor S-454/MK.6/2019 mengenai persetujuan hibah tahap kedua,” kata Direktur Promosi dan Humas BP Batam, Dendi Gustinandar, Jumat (3/1/2020).

Hibah tahap kedua sudah diusulkan oleh Wali Kota sekaligus Kepala BP Batam, Rudi sejak 25 Mei 2019. Dan setelah disetujui, maka Pemko Batam mendapat hak untuk mengelola TPU Seipanas, Puskesmas Tanjungsengkuang, tanah alun-alun, 15 unit rumah dinas, Stadion Seiharapan, Bumi Perkemahan Pramuka dan instalasi air di Pasar Induk Jodoh.

Untuk hibah tahap ketiga hingga keenam akan diupayakan selesai tahun ini.

Pada tahap ketiga, Pemko Batam meminta 669 ruas jalan dan pada Mei 2019 sebanyak 331 ruas jalan.

Selanjutnya, permintaan tahap keempat yaitu Taman Kolam Batam Center, Taman Kolam Sekupang, pelantar pelabuhan antar-pulau di Sekupang, kawasan wisata Dendang Melayu Jembatan 1, area lingkungan Masjid Agung Batam.

Kemudian, pelantar Pelabuhan Sagulung, Kantor Dinas Perhubungan, stadion lapangan bola, TPU Tanjungpiayu dan Sambau-Nongsa.

foto: batampos.co.id / dalil harahap

Lalu, permintaan tambahan lahan TPU Seitemiang, lahan Pasar Hang Tuah Batubesar, lahan Pasar Seroja Sagulung, Pasar Tiban Kampung, dan Pasar Seiharapan.

Permintaan hibah tahap keempat itu diajukan Pemko Batam kepada BP Batam pada November 2018 lalu.

Sedangkan permintaan aset tahap kelima dan keenam diajukan pada Januari 2019.

Untuk tahap kelima, asetnya adalah tanah dan bangunan Kantor Pos Pemadam Kebakaran Seipanas, tanah dan bangunan Gedung Beringin Sekupang, tanah perumahan pegawai eks BKKBN di Sekupang.

Sedangkan tahap keenam diajukan juga pada Januari 2019, yakni TPU Islam Air Raja, TPU Islam Perigi Batu Tanjungriau, TPU Kampung Telagapunggur, dan TPU Buddha, Islam, dan Kristen Kampung Sambau.

Selain itu, TPU Anak Teluk Mata Ikan, TPU Islam Panglong Batubesar, TPU Kaveling Bagan Tanjungpiayu, TPU Kampung Tua Tanjungpiayu, TPU Kampung Tanjungpiayu Laut. Lalu, TPU Islam dan Makam Tua Belian, TPU Dapur 12 dan sejumlah TPU lainnya. Total TPU yang diminta adalah 16 TPU yang tersebar di wilayah Kota Batam. (*)