Memasuki satu tahun terbentuknya Komunitas Pejuang Subuh Nongsa (PSN), PSN masih konsisten untuk menggalakkan sholat subuh berjamaah dengan mengunjungi sejumlah masjid yang ada di Kota Batam dan sekitarnya.

Kunjungan itu tak sebatas hanya untuk menggalakkan sholat subuh berjamaah, tetapi juga berdakwah dan menjalin silaturahmi dengan para jamaah masjid dan masyarakat.

Dalam safari subuh yang dilaksanakan di Masjid Al Muhajirin, perumahan Dotamana dan Grand BSI, Batam Kota, pada Minggu pagi (5/1/2020), Ustadz H. Marsapwan mengajak para jamaah yang hadir untuk memanfaatkan masjid sebagai pusat aktivitas keislaman.

“Masjid dibangun untuk kita menjalankan sholat, namun masjid juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan positif. Berdiskusi atau rapat RT pun bisa dilakukan di masjid, sehingga lebih berkah,” kata Ustadz Marsapwan.

“Selama itu tidak bertentangan dengan syariat Islam, maka gunakanlah masjid untuk kegiatan kemasyarakatan,” tambah dia.

Dalam ceramahnya, Ustadz Marsapwan juga memaparkan tentang perjuangan berat
seorang muslim untuk pergi ke masjid dalam rangka menunaikan sholat subuh dan sholat fardhu lainnya. Untuk itu ia mengingatkan para jamaah agar meluangkan waktu datang ke masjid untuk melaksanakan sholat.

“Dalam 24 jam aktivitas sehari-hari luangkanlah waktu untuk datang ke masjid dan melaksanakan sholat di sana,” kata Ustadz Marsapwan.

Ustadz Marsapwan juga
mendorong para jamaah untuk selalu mengajak para generasi muda, terutama anak-anak dan remaja, untuk bisa selalu datang ke masjid untuk menunaikan sholat dan kegiatan keagamaan.

Sementara itu Ketua PSN H. Zulkifli mengatakan, safari subuh di Masjid Al Muhajirin merupakan masjid yang ke-105 dikunjungi oleh PSN.

“PSN akan terus bersafari, berkunjung ke masjid-masjid yang ada di Batam dan di sekitarnya untuk menggalakkan sholat subuh berjamaah dan bersilaturahmi dengan masyarakat,” kata Ketua PSN H. Zulkifli.

Zulkifli menambahkan PSN juga telah mengadakan subuh akbar dengan mengundang para pengurus masjid, organisasi pemuda dan masyarakat sekitar wilayah Nongsa sehingga tercapai misi PSN, yaitu sholat subuh seramai sholat Jum’at.

Dalam kesempatan subuh akbar dan seperti beberapa subuh yang lalu, ceramah subuh juga diisi bersama trio ustadz pembina PSN, yaitu Ustadz Marsapwan Lc MA, Ustadz Abdul Latief Noor, dan Ustadz Abdul Rahman Lc. (*)