batampos.co.id – Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi, akan melantik jajaran pejabat di lingkungan BP Batam, Kamis (9/1/2020) mendatang.

Komposisi pejabat baru diganti memudahkan urusan pelayanan sehingga dapat menarik investasi bagi Batam.

”Mudah-mudahan tanggal 9 Januari jadi semuanya, tanpa kecuali akan dilantik semua. Nanti pelayanan harus cepat,” kata Rudi, Senin (6/1/2020).

Salah satu yang ia sorot adalah perpanjangan Uang Wajib Tahunan (UWT) atau yang dulu disebut Uang Wajib Tahunan Otorita (UWTO) bagi pengusaha-pengusaha besar.

Kantor BP Batam. Foto: Putut Ariyotejo/batampos.co.id

Menurut dia, UWT ini merupakan salah satu sumber pendapatan guna membangun Batam.

”(Perpanjangan) hanya dengan KTP dan berkas untuk bayar UWTO. Kami akan berikan pelayanan yang cepat,” janji dia.

Lanjut dia, pihaknya sedang membenahi Pelabuhan Batuampar, yang dipersiapkan crane yang canggih, yang bisa membongkar kontainer hanya dalam tiga hingga lima menit.

”Kalau dulu satu jam, crane hanya bisa pindahkan satu atau dua kontainer. Nanti dengan alat modern, hanya butuh 3-5 menit,” sebutnya.

Sementara Bandara Hang Nadim Batam digadang-gadang akan menjadi hub internasional. Dengan demikian, aktivitas di Bandara Batam akan semakin ramai.

”Jika sudah begini, sumber pendapatan BP dari bandara, pelabuhan dan UWTO, sangat cukup untuk membangun Batam,” pungkasnya.(iza)