batampos.co.id – Tahun ini Dinas Pangan dan Pertanian, Kabupaten Karimun,  menyiapkan tiga ribu bibit buah-buahan tahunan.

Kepala unit pelayanan teknis Balai Benih Utama (BBU) Dinas Pangan dan Pertanian, Busrial, mengatakan, untuk tahap awal baru terpenuhi 1.500 batang. Seperti pohon durian, mangga, alpukat, dan manggis.

“Rencananya bibit unggul untuk memenuhi permintaan dari berbagai dinas, dan instansi terkait,” ujarnya, Senin (6/1/2020).

Kata dia, sejumlah sekolah juga melakukan kunjungan ke kantor UPT BBU untuk melihat proses penyambungan pucuk pohon buah-buahan tersebut.

Busrial menjelaskan, ke depannya juga akan dikembangkan dengan berbagai bibit buah-buahan yang unggul untuk memenuhi permintaan petani.

Belakangan paling banyak permintaan bibit durian Musang King, Duri Hitam, SO 101 dan durian Montong.

Kepala UPT BBU Dinas Pangan dan Pertanian, Busrial (tengah) bersama Kapolsek Kundur Kompol Endi Endarto dan staf UPT BBU menunjukkan bibit durian batang bawah yang akan dilakukan sambung pucuk. Foto: Imam Soekarno/batampos.co.id

Saat ini UPT BBU sudah berhasil sertifikasi jenis durian Kani, durian Matahari, alpukat Mega Gaguan, alpukat Mega Peninggahan, dan alpukat Tongar.

Sertifikat yang dikeluarkan sifatnya masih interen belum diedarkan secara luas.

”Rencananya akan kita undang dari Pekanbaru dan Balai Benih Provinsi Kepri untuk sertifikat dan pelabelan,” ujarnya.

Busrial mengatakan, kondisi kantor UPT BBU membutuhkan perhatian terutama masalah pagar sebagai pengamanan.

Saat ini lokasi kantor yang belum berpagar, sehingga pihaknya sering kehilangan bibit tanaman yang siap ditanam.

”Dalam hal ini kami berharap perhatian pemerintah melalui dinas pangan dan pertanian baik provinsi maupun kabupaten Karimun,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolsek Kundur, Kompol Endi Endarto usai berkunjung di kantor UPT BBU mengaku akan berkoordinasi terkait kasus kehilangan bibit unggul tersebut.

Setidaknya akan meningkatkan pengamanan dan sering mengontrol kantor UPT BBU yang berlokasi di Batu Dua Kelurahan Tanjungbatu Barat.

Apalagi keberadaan UPT BBU cukup membantu masyarakat dan petani untuk penyedia bibit unggul.(imam)