batampos.co.id – Stasiun pengisian bahan bakar minyak (BBM) di Batuaji dan Sagulung telah menyesuaikan harga BBM terbaru sejak Minggu (6/1/2020) sore.

Penyesuaian ini menyusul adanya penurunan harga beberapa jenis BBM dari pemerintah pusat.

Pertamax dari Rp 9.850 jadi Rp 9.200, Pertamax Turbo dari Rp 11.200 jadi Rp 9.900, Pertamina Dex dari Rp 11.700 menjadi Rp 10.200, serta Dexlite dari Rp 10.200 menjadi Rp 9.500 per liter.

”Sudah disesuaikan dari semalam. Sekarang sudah pakai harga baru itu,” ujar Iwan, petugas SPBU di Tanjunguncang.

Antrean kendaraan di SPBU. Meski harga Pertamax dan Dexlite turun namun dua jenis BBM tersebut masih kurang diminati masyarakat. Foto: Dalil Harahap/batampos.co.id

Penurunan harga ini merupakan implementasi Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM 187K/10/MEM/2019 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan.

Meskipun demikian BBM yang turun harga ini tetap sepi peminat. Masyarakat masih mengandalkan premium dan solar sebab relatif lebih murah.

SPBU Tanjunguncang misalnya, sepanjang hari kemarin cukup sepi dan nyaris tidak ada kendaraan yang masuk.

Pasalnya, SPBU tersebut kehabisan stok solar dan premium. Pertamax dan jenis BBM lainnya ada namun tidak diminati.

Antrean panjang justru terjadi di SPBU Codo, dekat ruko Air Mas, Sagulung, sebab SPBU tersebut ada stok premium, dan solar.

Pantauan di lapangan, sepanjang hari kemarin nyaris tidak ada SPBU di sana yang memiliki stok premium dan solar. Hanya satu SPBU yang ada sehingga terjadi antrean panjang.(eja)