batammpos.co.id – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Batam kembali menggelar pelatihan bagi tenaga kerja di perusahaan yang beroperasi di Batam tahun ini.

Kepala Disnaker Batam, Rudi Sakyakirti, mengatakan, pelatihan yang diberikan ada dua jenis.

Pertama peningkatan keahlian bagi pekerja yang berada di perusahaan. Pendaftaran akan dibuka 13 hingga 17 Januari ini. Kedua untuk pencari kerja (Pencaker).

“Sebelumnya kami sudah menyurati perusahaan satu bulan sebelumnya. Tujuannya agar pekerja bisa mempersiapkan diri,” kata dia, Selasa (7/1/2020).

Ia menyebutkan ada 24 pelatihan peningkatan keahlian yaitu, Bimtek dan sertifikasi food and beverage service waiter, Barista, Tata Kecantikan Salon Pengantin Melayu level dua, Tata Rias Kecantikan Salon Muslim, Food and Beverage Service Bartender dan head waiter.

Ribuan pencaker memadati bursa kerja di MPH Batamindo, Mukakuning, Batam, Kamis (21/11/2019) lalu. Disnaker Kota Batam kembali mengelar pelatihan bagi tenaga kerja di perusahaan yang beroperasi di Batam tahun ini. Foto: Azis Maulana/batampos.co.id

Selanjutnya, bimtek dan sertifikasi HRD supervisor hotel, tour manager, AK3 umum, welder 3G SMAW, autocad mesin, AK3 muda, k3 quality control scaffolder, teknisi K3 listrik,K3 Migas operator, K3 Madya, autocad drafter, jurnalis, hiperkes muda dan rigging inspector.

“Total ada 488 peserta nantinya yang akan mendapatkan pelatihan ini,” sebutnya.

Berikut syaratnya:

  1. Surat tugas dari perusahaan.
  2. Terdaftar sebagai karyawan perusahaan.
  3. Pengalaman bekerja minimal tiga tahun bagi SMA.
  4. Belum pernah mengikui pelatihan dari Disnaker.
  5. Pendidikan minimal SMA untuk pelatihan tertentu.
  6. Daftar riwayat hidup.
  7. Mengisi formulir pendaftaran https.//disnaker.Batam.go.id.

Pelatihan ini menggunakan dana yang didapatkan dari Izin Mempekerjakan Tenaga Asing (IMTA) tahun 2019 lalu.

“Sementara ini menyesuaikan dengan anggaran. Sebab dana IMTA juga tidak banyak,” sebutnya.

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta akan mendapatkan sertifikasi yang bisa digunakan untuk peningkatan jenjang karir. Ia berharap kegiatan seperti ini bisa bermanfaat untuk pekerja.

“Iya tentu ada hasil lah dari peningkatan keahlian ini ke depannya,” ujarnya.(yui)