batampos.co.id – Investor asal Amerika Serikat, Citylift, mengunjungi kantor Badan Pengusahaan (BP) Batam, Selasa (7/1/2020) di Marketing Centre.

Kedua investor Citylift yang terdiri dari CityLift Board Member and Co-founder, Michael Ghielmetti dan Chief Technology and Supply Chain CityLift, Brandon Richardson, diterima Direktur Promosi dan Humas Dendi Gustinandar bersama Kasubdit Promosi Ariastuty Sirait dan Kasubdit Humas Yudi Hari Purdaja.

Citylift merupakan sebuah perusahaan berteknologi tinggi yang merancang, memasang, dan melayani sistem parkir otomatis dengan biaya yang lebih rendah dibanding parkir konvensional.

Perusahaan tersebut berkantor pusat di Oakland, California. Serta memiliki beberapa kantor cabang di kota lainnya di Amerika Serikat. Seperti Los Angeles, Boston, dan Portland.

Kunjungan Citylift ke Batam sebagai referensi lokasi ekspansi di wilayah Asia. Karena proses manufaktur Citylift saat ini dilakukan di Tiongkok.

Hal ini diungkapkan oleh Michael Ghielmetti. Ia mengatakan, mulanya Indonesia, khususnya Kota Batam, tidak termasuk dalam daftar wilayah ekspansi Citylift.

Direktur Promosi dan Humas Dendi Gustinandar (kanan) berbincang dengan CityLift Board Member and Co-founder, Michael Ghielmetti. Foto; BP Batam untuk batampos.co.id

“Akan tetapi, rekan kami di Singapura sangat merekomendasikan Batam karena dinilai cocok untuk produk kami,” jelasnya.

“Setelah mencari informasi dan bertemu langsung dengan BP Batam, kami sangat senang dan puas atas informasi dan asistensi yang diberikan kepada kami,” ujar Michael lagi.

Ia mengungkapkan, setelah melihat paparan presentasi tentang Batam dan berdiskusi tentang investasi secara menyeluruh dengan Sistem Online Single Submission (OSS), Michael dan rekannya Brandon semakin yakin untuk berinvestasi di Batam.

“Selain adanya tenaga kerja terampil, Batam juga memberikan insentif dan keuntungan bagi perusahaan yang berorientasi ekspor seperti perusahaan kami,” paparnya.

“Beberapa insentif itu antara lain tidak dikenakannya pajak pertambahan nilai, pajak ekspor impor, serta pajak penjualan atas barang mewah. Batam benar-benar memanjakan investor,” kata Michael lagi.

Direktur Promosi dan Humas BP Batam Dendi Gustinandar menyambut positif rencana ekpansi Citylift di Batam.

“Kami sangat senang, karena Batam terpilih menjadi salah satu dari tiga pilihan utama untuk relokasi Citylift di Asia. Tentunya BP Batam berkomitmen untuk mengawal investasi ini hingga selesai,” ujar Dendi.

Dendi berharap, investasi Citylift akan membawa dampak positf yang signifikan dalam perkembangan ekonomi setelah melihat presentasi dari perusahaan tersebut.

“Dalam 5 tahun, pertumbuhan perusahaan mereka sebesar 6.000 persen. Hal ini kami harapkan dapat menjadi nilai tambah bagi perekonomian di Indonesia, khususnya Batam,” kata Dendi.(*)