batampos.co.id – Mobil layanan samsat keliling bertujuan untuk mempermudah dalam pengurusan pajak kendaraan dan proses perpanjangan SIM.

Sebab, layanan ini sekarang semakin banyak menjangkau sejumlah tempat di wilayah Batam, salah satunya di depan Maha Vihara Duta Maitreyawira, Sei Panas, Batam.

Di layanan samsat keliling ini, ada 5 petugas yang berjaga. Setiap harinya petugas melayani sekitar 50 sampai 70 masyarakat yang membayar pajak, baik sepeda motor dan mobil.

Petugas pendaftaran layanan samsat keliling, Apriansyah, mengatakan, pihaknya melayani masyarakat setiap Senin sampai Sabtu.

Pemilik kendaraan bermotor mengantre untuk membayar pajak kendaraan mereka di Samsat Keliling yang berada di depan Maha Vihara Duta Maitrawira. Foto: Dhiyanto/batampos.co.id

“Di sini mulai beroperasi pukul 10:00 WIB sampai pukul 16:30 WIB, untuk hari Sabtu sampai pukul 14:30, sedangkan hari Minggu libur,” jelasnya.

Kata dia, Samsat keliling bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam pelayanan pajak kendaraan ataupun dalam pengurusan pembuatan SIM.

Teddy menjelaskan, untuk persyaratan pengurusan di layanan Samsat keliling ini cukup mudah, masyarakat hanya membawa STNK asli dan KTP Asli.

“Kita berharap dengan adanya layanan Samsat keliling ini, masyarakat lebih patuh akan kewajiban membayar pajak kendaraan, termasuk juga mempunyai SIM,” jelasnya.

“Jadi kita berupaya memberikan pusat-pusat pelayanan terdekat kepada masyarakat, agar lebih memudahkan dalam proses layanan,” pungkasnya.(nto)