batampos.co.id – Tahun Baru Cina atau Imlek 2020 akan jatuh pada tanggal 25 Januari 2020 mendatang.

Menjelang momen tersebut, sejumlah pusat perbelanjaan di Kota Batam mulai berhias dan menawarkan pernak-pernik khas Imlek.

Salah satunya, Grand Batam Mall. Tepat di atriumnya, terdapat lampion menghiasi atap mal.

Sementara di bawahnya hingga di basement, terdapat lokasi khusus untuk para pedagang menawarkan pernak-pernik Imlek.

Sales Stand Top 100 Grand Batam Mall, Darwis, mengatakan, menjelang Imlek pihaknya sudah menyediakan berbagai pernak-pernik untuk menyambut momen tahunan tersebut.

Mulai dari lampion, angpao, hiasan nanas gantung, bunga, pot, dan hiasan dinding yang berbau Imlek sudah tersedia.

Bahkan, pameran aneka pernak-pernik tersebut sudah ada sejak akhir Desember lalu dan akan tetap ada hingga H-1 perayaan Imlek atau tepatnya tanggal 24 Januari mendatang.

“Tahun 2020 merupakan tahun Tikus Logam, kebanya-kan pernak-pernik yang ditawarkan menyesuaikan shio yang berlangsung tahun 2020. Tahun ini tahun tikus, jadi aksesoris yang ditawarkan dominan aksesoris yang berbentuk tikus,” ujarnya.

Menjelang perayaan Imlek, pedagang aksesoris mulai menjajakan pernak-pernik Imlek di pusat perbelanjaan Nagoya Hill Shopping Mall, Selasa (7/1/2020). Foto: Cecep Mulyana/batampos.co.id

Adanya pameran ini juga menarik banyak pembeli. Tak hanya masyarakat Kota Batam, pengunjung dari Kota Tanjungpinang dan negeri tetangga Malaysia dan Singapura, juga datang untuk membeli pernak-pernik Imlek di Kota Batam.

Weekend (akhir pekan) warga Singapura dan Malaysia banyak berkunjung ke sini,” terangnya.

Pusat perbelanjaan lainnya yakni di Nagoya Hill Shopping Mall, juga memajang pernak-pernik Imlek.

Tepatnya, di pintu masuk utama, terdapat bazar yang menyediakan pernik dan aksesoris Imlek.

Pernak-pernik Imlek yang dijual mulai dari hiasan dinding, lampion, kertas angpao, replika petasan, hingga bermacam jenis aksesoris khas Imlek lainnya.

Mal yang berlokasi di wilayah Lubukbaja ini juga sudah bersolek dengan aneka lampion warna warni di atapnya untuk menyambut Imlek.

Salah satu pembeli, Andi, mengatakan sangat antusias menyambut datangnya Imlek. Di waktu luang, ia dan keluarganya sudah berburu pernak pernik Imlek.

“Beli tempelan dinding dan bunga untuk menyambut Imlek tahun Ini,” terangnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata, me-ngatakan, adanya pameran pernak-pernik Imlek ini menambah destinasi wisata belanja bagi wisatawan yang ingin berburu pernak-pernik Imlek.

Terlebih, letak Batam yang berhadapan langsung dengan dua negara, Singapura dan Malaysia menjadi keuntungan tersendiri.

”Dari Singapura dan Malaysia, mereka ke Batam selain untuk wisata pantai, kuliner, juga wisata belanja,” katanya.

“Tersedianya pernak pernik Imlek juga menjadi salah satu destinasi wisata belanja. Selain jalan-jalan, mereka bisa memenuhi kebutuhan untuk perayaan Imlek,” ujarnya lagi.

Selain memeriahkan dan memperindah pusat perbelanjaan, adanya pameran di setiap pusat perbelanjaan dapat meningkatkan pergerakan ekonomi.

“Kemeriahan menyambut Imlek dapat mening-katkan ekonomi juga,” ucapnya.(she)