batampos.co.id – Satu dari 23 rumah sakit (RS) di Kota Batam yang sebelumnya bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, menyatakan mundur dari kemitraan.

Pengunduran diri salah satu RS khusus ibu dan anak ini, terhitung sejak bulan Agustus 2019 lalu.

Kabid SDM, Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Batam, Irfan Racmadi mengatakan, saat ini jumlah RS di Batam yang bermitra dengan BPJS Kesehatan berkurang.

Dari jumlah yang sebelumnya 23 RS, saat ini menjadi 22 RS, mulai dari Tipe D hingga tipe B.

”Iya, RS Frisdhy Angel yang ada di Baloi sudah tak bekerja sama lagi dengan BPJS Kesehatan,” ujar Irfan, kemarin.

Masyarakat mengurus kepesertaan JKN-KIS di kantor BPJS Kesehatan Cabang Kota Batam. RSIA Frisdhy Angel Kota Batam memutuskan kontrak kerjasama dengan BPJS Kesehatan. Foto: Cecep Mulyana/batampos.co.id

Disinggung alasan putusnya mitra kerja sama tersebut, Irfan tak tahu persis.

Namun menurutnya, RS yang terletak di Kecamatan Lubukbaja itu mengundurkan diri terhitung sejak bulan Agustus.

”Artinya tak ada lagi rujukan BPJS ke rumah sakit tersebut, karena sudah mengundurkan diri dari kemitraan,” jelas Irfan.

Awal tahun 2019 lalu, RSIA Frisdhy Angel juga sempat putus kemitraan dengan BPJS Kesehatan.

Alasan pemutusan kontrak kerja sama karena RS tersebut belum terakreditasi.

Namun, tak sampai sebulan, RS ini kembali bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dan sudah terakreditas untuk RS kelas tipe C.

Menurut dia, masyarakat khususnya peserta JKN-KIS tak perlu khawatir dengan hal itu. Sebab, masih banyak RS di Batam yang bermitra dengan BPJS Kesehatan.

Tak hanya RS, di Batam juga ada puluhan klinik yang merupakan fasilitas kesehatan (faskes) pertama hingga pukesmas yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.(she)