batampos.co.id – Biro Umum dan Sekretariat BP Batam melakukan serah terima daftar berkas arsip unit kerja di Gedung Record Centre, Sekupang, Rabu (8/1/2020).

Kegiatan ini dilaksanakan sehubungan dengan telah selesainya pekerjaan pembenahan dan penataan arsip BP Batam Tahun Anggaran 2019.

Daftar berkas arsip diserahkan langsung oleh Kepala Bagian Sekretariat Arsip dan Perpustakaan, Desiana Repilita didampingi Kepala Sub Bagian Arsip, Erdy Yanto kepada perwakilan arsiparis dari delapan unit kerja di lingkungan BP Batam.

Selama 2019, BP Batam menghasilkan 450 ribu arsip dari delapan unit kerja. Foto: BP Batam untuk batampos.co.id

Delapan unit kerja itu antara lain: 

  1. Biro Perencanaan Teknik.
  2. Biro Sumber Daya Manusia.
  3. Direktorat Promosi dan Humas.
  4. Pusat PDSI.
  5. Biro Perencanaan Program dan Litbang.
  6. Satuan Pemeriksa Internal.
  7. Direktorat Pembangunan Prasarana dan Sarana.
  8. Biro Umum dan Sekretariat.

Kepala Bagian Sekretariat Arsip dan Perpustakaan, Desiana Repilita, mengatakan, arsip-arsip tersebut sudah ditata oleh para arsiparis di BP Batam sesuai dengan kaidah atau peraturan yang telah ditetapkan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

“Tujuannya adalah agar informasi dapat mudah ditemukan kembali. Sekaligus sebagai bentuk kontrol usia arsip BP Batam, apakah jenisnya musnah atau permanen,” jelasnya.

“Apabila musnah, kita musnahkan untuk menghemat biaya operasional. Dan apabila permanen maka akan kita rawat dan kita serahkan ke ANRI,” katanya lagi.

Dari delapan unit kerja tersebut telah menghasilkan lebih dari 450 ribu dokumen.

Sedangkan untuk empat belas unit kerja lainnya yang belum mendaftarkan arsipnya akan dilakukan proses serah terima setelah Unit Kearsipan menerima permohonan dari unit terkait.

Arsip yang akan dimusnahkan diketahui telah berusia 48 tahun, yakni dimulai dari tahun 1971-2019.

Kemudian, sebagai tindak lanjut atas kegiatan ini akan dilakukan seleksi usul musnah dan yang sifatnya permanen, akan dialihmediakan.(*)