batampos.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam membutuhkan 60 panitia pemilih kecamatan (PPK) untuk membantu jalannya pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak yang akan digelar 23 September 2020 mendatang.

Rencananya KPU membuka pendaftaran calon PPK mulai Sabtu (18/1/2020). Komisioner KPU Batam, William Seipattiratu, mengatakan, ada lima anggota PPK untuk masing-masing kecamatan.

Pendaftaran dibuka bagi mereka yang berusia minimal 17 dan maksimal 60 tahun.

”Serta sehat jasmani dan rohani,” tegasnya.

Pelamar juga harus melampirkan surat keterangan kesehatan. Hal ini agar saat bertugas nanti anggota PPK bisa bekerja maksimal.

Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Ahmad Syahrizal mengecek kotak suara di GOR Bendungan Hilir, Jakarta, Kamis (18/4/2019) lalu. DPR RI semakin serius melakukan evaluasi terhadap pemilihan kepala daerah. Foto: Hendra Eka/Jawa Pos

”Apalagi belajar dari Pileg tahun lalu, banyak petugas yang sakit karena kelelahan, sehingga perekrutan kali ini menjadikan kesehatan sebagai salah satu syarat,” beber William.

Selain itu, agar bisa bekerja maksimal, anggota PPK nanti akan diberikan bimbingan teknis (Bimtek) terkait penyelenggaraan Pemilu.

Menurutnya, anggota PPK harus diberikan bimbingan lebih maksimal dari tahun lalu.

”Harus lebih fokus tahun ini. Jadi bimteknya benar-benar serius,” ujarnya.

KPU akan berusaha memberikan bimtek sebaik mungkin hingga tingkat PPS. Selain itu, pelamar harus menguasai microsoft excel.

Hal ini sangat penting saat melakukan input hasil penghitungan suara.

”Itulah poin yang harus kami evaluasi tahun ini. Secara bertahap, kami akan coba membangun komunikasi yang baik dengan PPK dan PPS. Tujuannya agar Pilkada lebih baik,” tambahnya.

Selain itu, William berharap proses tahapan hingga pemilihan bisa berjalan dengan lancar. Karenanya diperlukan anggota PPK dan PPS yang memahami setiap tahapan Pilkada.

”Makanya bimtek sangat penting. Kami sangat ingin Pilkada ini sukses. Kalau semua paham tugasnya, semua proses akan berjalan sesuai jadwal tanpa ada keterlambatan,” tegas William.(yui)